Unduh Aplikasi

Hari Ini Positif Covid-19 103, Total Warga Aceh yang Positif 415 Orang

Hari Ini Positif Covid-19 103, Total Warga Aceh yang Positif 415 Orang
Foto: Ist

BANDA ACEH - Data dari Kementerian Kesehatan RI menyebutkan bahwa di provinsi Aceh sampai dengan 31 Juli 2020 telah terjadi penambahan sebanyak 103 kasus Covid-19.

Dengan penambahan ini, total masyarakat Aceh yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 415 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 309 orang menjalani perawatan, pasien sembuh berjumlah 94 orang dan yang meninggal dunia 12 orang.

Dari 23 kabupaten/kota di Aceh, Kota Banda Aceh menduduki peringkat pertama dengan jumlah 122 kasus, kemudian disusul Aceh Besar 80 kasus, Bener Meriah 34 kasus, Aceh Tamiang 33 kasus, Abdya 22 kasus, Bireuen 21 dan Lhokseumawe 20 Kasus.

Selanjutnya Aceh Selatan dengan 18 kasus, luar daerah 13 kasus, Aceh Utara 11 kasus, Langsa 8 kasus, Aceh Tengah 8 kasus, Pidie 5 kasus, Aceh barat 4 kasus, Aceh Tenggara 3 kasus dan Aceh Timur 3 kasus.

Lalu Simeulue 3 kasus, Gayo Lues 2 kasus, Sabang 2 kasus, Aceh Jaya 1 kasus, Subulussalam 1 kasus, luar negeri 1 satu kasus. Sedangkan Aceh Singkil, Nagan Raya dan Pidie Jaya masih nihil.

Baca: Positif Corona, Satu Keluarga di Aceh Barat Tolak Dijemput Tim Gugus Tugas

Data tersebut masih terus di-update oleh pihak terkait, baik Kemenkes RI maupun Dinas Kesehatan Aceh. Ada kemungkinan angka tersebut akan terus bertambah. Penambahan ini mungkin saja tejadi karena sejumlah sampel swab yang saat ini sedang diperiksa di laboratorium Balitbangkes Aceh dan Unsyiah masih belum keluar hasilnya.

Beberapa narasumber AJNN dari kalangan medis mengatakan penambahan kasus ini dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain ketidakjujuran pasien saat berobat ke fasilitas kesehatan. Bahkan ada pasien yang menutupi riwayat perjalanan dari luar daerah serta menyembunyikan hasil pemeriksaan yang sebenarnya menunjukkan hasil Reaktif Covid-19.

Selain itu, kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan selama wabah Covid-19 juga kurang. Masyarakat masih banyak yang enggan atau bahkan tidak memakai masker dan mencuci tangan.

Kemudian, pemberlakuan aturan new normal juga mempengaruhi trend peningkatan penyebaran Covid-19. Masyarakat menyangka bahwa wabah ini Covid-19 sudah selesai dengan adanya new normal tersebut.

Komentar

Loading...