Unduh Aplikasi

Harga Wajar untuk Semua

Harga Wajar untuk Semua
Ilustrasi: pangandaran.

PENGAWASAN terhadap ketersediaan bahan kebutuhan pokok sangat penting, terutama menjelang Idul Fitri tahun ini. Sehingga tidak ada pihak yang dengan semena-mena menaikkan harga atau bahkan menimbun kebutuhan pokok untuk mendapatkan untung berlipat. 

Salah satu yang harus diperhatikan adalah pasokan beras, telur, tepung, minyak makan dan gula. Jaminan yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani, Dirreskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol, Margiyanta, Kepala Dinas Pangan Aceh Cut Yusminar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Muhammad Tanwier harus diikuti dengan langkah pengawasan yang ketat di lapangan. 

Salah satunya adalah di daerah. Berbeda dengan kota-kota di Aceh, seperti Banda Aceh, Lhokseumawe, atau Meulaboh, di daerah-daerah yang sulit diakses, harga-harga  kebutuhan pokok ini kerap dipermainkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Selain pengawasan ketat, Pemerintah Aceh juga perlu melakukan operasi pasar secara rutin di kawasan pedalaman. Pemerintah harus memastikan distribusi kebutuhan pokok ini menyentuh seluruh lapisan masyarakat Aceh, di manapun mereka berada. 

Karena itu, instruksi untuk mengawasi penyaluran kebutuhan pokok ini harus sampai ke ke seluruh kecamatan di Aceh. Sehingga pejabat setingkat kepala kepolisian sektor atau camat bekerja serius dalam mengantisipasi kemandekan pasokan kebutuhan pokok ini. 

Pemerintah dan kepolisian juga harus memastikan tidak ada pungutan liar yang dilakukan oleh oknum aparatur negara, baik dari kepolisian ataupun sipil. Untuk itu, akses pengaduan harus dibuka seluas-luasnya. Sehingga masyarakat yang menemukan indikasi kecurangan tersebut dapat melaporkan langsung temuan mereka. 

Karena Idul Fitri itu harus memberikan kesenangan bagi semua warga. Jangan sampai hak warga di pedalaman digerogoti untuk kebutuhan segelintir orang di kota. Pemerintah daerah dan kepolisian daerah memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan hal ini; bahwa semua warga di Aceh berhak atas harga yang wajar. 

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...