Unduh Aplikasi

Harga Tinggi, Toke Sawit Abdya Lebih Memilih Jual TBS ke Subulussalam

Harga Tinggi, Toke Sawit Abdya Lebih Memilih Jual TBS ke Subulussalam
Ilustrasi. Foto: AJNN/Sarina

ACEH BARAT DAYA -Sejumlah toke kelapa sawit di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) lebih memilih jual Tandan Buah Segar (TBS) ke pabrik yang ada di wilayah Kota Subulussalam dibandingkan pabrik yang ada di wilayah Nagan Raya.

Menurut salah satu toke sawit di Kecamatan Babahrot, Wawan Septiawan mengatakan, dirinya lebih memilih ke pabrik Kota Subulussalam dikarenakan harganya lebih tinggi mencapai Rp 1.900 per kilogram dibandingkan dengan Nagan Raya.

“Harga disana lebih tinggi dibeli sama pakbrik kelapa sawit (PKS), makanya kita sudah sering membawa sawit ke Subulussalam dibandingkan ke Nagan Raya,” kata Wawan Septiawan, kepada AJNN, Kamis (6/5).

Wawan mengungkapkan, jika harga tampung di pabrik tinggi, maka harga beli ditingkat masyarakat petani sawit juga ikut tinggi, sehingga para petani lebih sejahtera apalagi di bulan puasa yang hanya menghitung hari jelang lebaran.

“Kalau harga tinggi disana tentu kita ambil di petani juga tinggi, kalau kita potong ongkos angkutan Rp 250 rupiah per kilogram maka masih ada keuntungan kita, apalagi jelang lebaran masyarakat banyak kebutuhan tentu dengan harga sawit tinggi mereka lebih sejahtera,” sebut Wawan.

Wawan berharap, agar Pemerintah Aceh untuk selalu mengawasi Pabrik Kelapa Sawit yang ada di Aceh, khususnya di wilayah Nagan Raya, sehingga tidak ada permainan harga sawit yang dapat merugikan para masyarakat petani sawit.

“Kita berharap agar harga tampung sawit di Nagan juga ikut tinggi, sehingga peran pemerintah harus terlibat agar tidak ada permainan harga sawit di PKS yang ada di Nagan,” tutupnya.

HUT Pijay

Komentar

Loading...