Unduh Aplikasi

Harga Sawit Anjlok, Omset Penampung Sawit Turun 40 Persen

Harga Sawit Anjlok, Omset Penampung Sawit Turun 40 Persen
penampung sawit di Syamtalira Bayu, Aceh Utara. Foto: AJNN/Sarina

LHOKSEUMAWE – Omzet penampung sawit di Gampong Alue Manjrun, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara turun hingga 40 persen. Hal itu terjadi karena harga sawit anjlok sejak dua bulan terakhir.

“Sejak harga anjlok beberapa waktu lalu, omset kami selaku penampung juga turun hingga 40 persen dari biasanya,” katanya kepada AJNN, Kamis (4/7).

Sambungnya lagi, selama ini harga di tingkat pengempul di Aceh Utara seharga Rp 800 dan kalau di tingkat petani Aceh Utara Rp 500. Namun demikian, petani yang ada di kawasan pedalaman Aceh Utara tidak mau memanenkan lagi sawit mereka.

“Kebanyakan mereka enggak mau memanenkan lagi, karena tidak ada keuntungan, sementara untuk ongkos sendiri harus subsidi,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang petani sawit di kecamatan tersebut, Martunis mengatakan, selama dua bulan terakhir pihaknya mengaku menjerit karena mengalami kerugian, harga sawit saat ini tidak sesuai dengan ongkos yang sudah habis saat perawatan, seperti membeli pupuk, membersihkan dan lainnya.

“Semoga saja pemerintah segera menstabilkan kembali harga sawit ini. Sehingga, para petani bisa kembali bekerja memenuhi ekonomi keluarganya,” pungkasnya.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...