Unduh Aplikasi

Harga Ikan Tongkol di Abdya Mahal

Harga Ikan Tongkol di Abdya Mahal

ACEH BARAT DAYA - Harga ikan tongkol disejumlah pasar ikan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam sepekan terakhir ini, dilaporkan mahal jika dibandingkan dengan harga sebelumnya.

“Harga ikan tongkol saat ini sedikit lebih mahal dibandingkan sebelumnya, arganya juga berpariatif sesuai dengan besar atau tidak ukuran ikan yang hendak dibeli,” kata Hendrik kepada AJNN,Jumat pagi (11/11) di Blangpidie.

Menurut Hendrik, mahalnya harga ikan tongkol saat ini bukan disebabkan ulah para pedagang ikan, tetapi dipengaruhi oleh tingginya harga ambil di tingkat toke bangku (agen) sehingga dengan terpaksa para pedagang harus menjual dengan harga mahal juga sebaliknya.

“Jika dibandingkan harga ikan tongkol sebelumnya memang mahal, namun masih terjangkau, Rp 40 ribu dari sebelumnya Rp 30 per ekor untuk ikan tongkol ukuran sedang," katanya.

Namun sebut Hendrik, walaupun harga ikan tongkol mahal tidak menyurutkan minat para pembeli sebab bulan ini merupakan merupakan bulan tradisi pelasanaan Kenduri Jeurat (Kenduri makam).

“Walaupun mahal, permintaan akan ikan tongkol mengalami peningkatan yang luas biasa karena saat ini hampir seluruh masyarakat di Abdya sedang melaksanakan kenduri jirat sehingga permintaan tetap tinggi,” tuturnya.

Karena lanjut Hendrik, hampir 80 persen masyarakat memilih untuk membeli ikan tongkol ukuran sedang dan besar selain membeli ayam untuk keperluan kenduri Jeurat..

Apalagi sebut Hendrik, kedepan harga ikan diperkirakan akan kembali naik karena di pelaksaan kenduri Maulid Nabi Muhammad SAW sudah dekat. "Biasanya harga ikan saat maulid menjadi mahal tetapi tergantung stok juga dipasaran," ujarnya.

Abu Yus, salah seorang warga Kecamatan Manggeng mengaku harga ikan tongkol saat ini mahal dari biasanya. “Sepertinya, harga Ikan tongkol semakin tinggi, tidak seperti biasanya, ukuran sedang saja sudah Rp 40 ribu,” katanya yang mengaku baru membeli ikan untuk keperluan kenduri.

Biasanya kata Abu Yus, harga ikan tongkol sedang berkisar Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu, tetapi sedikit-sedikit harganya terus melonjak dari hari-hari biasanya. 

Komentar

Loading...