Unduh Aplikasi

Harga Gula Pasir di Bener Meriah Rp 1 Juta Per Sak

Harga Gula Pasir di Bener Meriah Rp 1 Juta Per Sak
Seorang pemilik toko grosir, sedang menjaga toko grosir Sembako miliknya di jalan Simpang Tiga- Teririt, Kecamatan Bukit, Bener Meriah. Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam

BENER MERIAH - Harga gula pasir di kabupaten Bener Meriah saat sangat mahal. Harga per sak mencapai Rp 1 juta rupiah dari sebelumnya Rp 700 ribu rupiah. Selain itu persediaan juga sangat sedikit.

Saat ini sejumlah pedagang baik grosir maupun eceran menjual Rp 20.000 per kilo. Sedangkan harga sebelumnya hanya Rp 13.000 - Rp 14.000 per kilogramnya.

"Kenaikan luar biasa terjadi dalam minggu ini, yang harganya sampai Rp 20 ribu per kilo, sebelumnya harga satu sak Rp 700 ribu - 800 ribu. Sehingga kami bisa menjual 14 ribu, kemudian kembali bergerak naik 17 ribu per kilogramnya. Hari ini saya enggak ambil gula dari toke, karena harganya mahal," ujar Dani (57) pedagang grosir/eceran di Pasar Simpang Tiga, Bener Meriah, Rabu (25/3) kepada AJNN.

Baca: Disperindag Aceh Sidak Pasar Untuk Atasi Lonjakan Kebutuhan Pangan Terkait Covid-19

Sementara itu kata Dani, harga kebutuhan pokok lainnya seperti beras dan minyak goreng curah masih normal.

Menurut Dani, harga beras saat ini malah terjadi penurunan sampai Rp 5000 per karung. Minyak goreng curah saat ini harganya masih tetap Rp 11.000/kg. Beras kualitas super Rp 165.000 per karung, sedangkan kualitas biasa Rp 150.000 per karung. sedangkan harga bawang putih saat ini Rp 40.000 per kilogram sedangkan bawang merah Rp 35.000 per kilogram. Untuk harga bawang tidak ada kenaikan atau masih stabil.

Baca: Pasokan dari Medan Terhenti, Harga Gula Pasir di Pidie Naik

"Masalahnya saat ini yang naik harga gula saja pak, pemasok tidak menjelaskan kepada kami kenapa harga bisa naik tinggi sekali," ujar Dani kepada AJNN.

Pedagang asal Pidie dan sudah lama menetap di Bener Meriah tersebut mengeluhkan naiknya harga gula terhadap daya beli masyarakat, termasuk dirinya sebagai pedagang.

Sebelum kenaikan harga ini, Dani bisa membeli 20 Sak Gula pasir setiap pemasok datang, namun saat ini dirinya hanya mampu membeli 3 hingga 5 Sak saja dan ini hanya bisa bertahan 5 hari saja. Stok gula ini harus dia penuhi untuk dijual kepada pembeli dan langganannya.

Iklan Pemutihan BPKB- Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...