Unduh Aplikasi

Harga Gabah di Aceh Tertinggi se-Indonesia

Harga Gabah di Aceh Tertinggi se-Indonesia
BANDA ACEH – Sekretaris Direktorat Jendral Tanaman Pangan Lorem mengatakan luas tanah untuk produksi tanaman pangan yang tersedia di Indonesia, seperti padi, jagung dan kedelai sebesar 280.820 hektar, jumlah tersebut masih kurang sebesar 380 ribu hektar dari jumlah yang dibutuhkan, Kamis (23/3).

“Ada beberapa kabupaten yang belum mampu memenuhi target yang ditetapkan pemerintah sehingga masih banyak lahan yang belum terealisasikan,” tutur Lorem.

Ia menambahkan, tahun ini jumlah produksi padi meningkat sebesar 6,37 persen dari tahun 2014, kini produksi padi di Indonesia mencapai 75,360 juta ton dan Aceh menyumbang 2,33 juta ton padi.

Menurutya, harga gabah di Aceh relatif tinggi dibandingkan dengan wilayah lain di Indonesia, di Aceh harga gabah perkilogram mencapai Rp 5000 hinga  Rp 5100. Sedangkan di wilayah Jawa hanya kisaran sebesar Rp 3.700 perkilogram.

Seperti di Sukabumi, pemerintah meminta Bulog untuk membeli gabah di wilayah tersebut dengan harga  Rp 3,700. Sehingga Aceh bisa berfikir kembali jika bulog membeli gabah di Aceh yang harganya tertinggi di Indonesia, petani Aceh bisa untung besar.

Tahun ini, Kementerian Tanaman Pangan mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 7,71 triliun. Dari jumlah tersebut, hanya 0,1 persen penyerapan anggaran baru dilakukan, sedangkan Aceh mendapat anggaran sebesar Rp 288 miliar. Namun hingga saat ini Kementerian Tanaman Pangan masih mengalami kendala di bidang penggandaan benih dan alsista.

“Kami meminta hingga April medatang anggaran harus segera digarap, jika tidak mampu, Aceh mendapat pinalti berupa pengurangan anggaran pada tahun 2017 mendatang, tapi kami juga minta untuk berhati-hati jangan sampai ada yang melanggar rambu, sehingga di masa pensiun nanti, anda tidak berurusan dengan penegak hukum,”tutur Lorem.
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...