Unduh Aplikasi

Harga Daging Meugang di Aceh Tengah Rp160 Ribu/Kg, Daya Beli Menurun

Harga Daging Meugang di Aceh Tengah Rp160 Ribu/Kg, Daya Beli Menurun
Suasana pasar daging Meugang di Pasar Inpres Takengon Foto: AJNN/Razikin Akbar.

ACEH TENGAH - Harga daging sapi serta kerbau yang berada di Pasar Inpres Takengon, kabupaten Aceh Tengah pada hari Meugang menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah berkisar sekitar Rp 160 Ribu per kilogram.

Dalam pantauan AJNN Selasa (11/5/2021) di Pasar Inpres Takengon, pedagang daging mengaku omset penjualan mereka menjelang Idul Fitri tahun ini mengalami penurunan.

Salah seorang pedagang daging bernama, Helmi Falrian mengatakan ia hanya mampu menjual satu kerbau pada hari Meugang Idul Fitri tahun ini.

"Harga perkilonya kita jual RP.160 Ribu, di semua pasar di Aceh Tengah harganya seperti itu. Kita juga hanya mampu menjual satu ekor daging kerbau beserta tulangnya hari ini," ujar Helmi.

Helmi merasa sejak kasus Covid-19 melanda Indonesia, omset penjualan daging cenderung menurun tidak seperti tahun-tahun biasanya.

"Saya sudah berjualan daging lebih dari lima tahun lamanya, Namun sejak Covid-19 melanda. Daya beli masyarakat seperti berkurang, keuntungan juga tidak selalu jelas," ungkap Helmi.

Helmi juga merasa penurunan daya beli masyarakat berkurang akibat perkebunan kopi masyarakat rata-rata belum memasuki masa panen.

"Kopi yang belum berbuah juga sepertinya menjadi faktor mengapa masyarakat mengalami penurunan daya beli terhadap daging," pungkas Helmi.

Komentar

Loading...