Unduh Aplikasi

Harga Daging Meugang di Aceh Barat Capai Rp 190 Ribu Per Kilogram

Harga Daging Meugang di Aceh Barat Capai Rp 190 Ribu Per Kilogram
Suasana pasar daging Meugang di pasar Bina usaha Meulaboh, Aceh Barat. Foto: AJNN/Darmansyah Muda.

ACEH BARAT - Harga jual daging sapi dan kerbau di kompleks Pasar Bina Usaha (KPBU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat mencapai Rp 190 ribu per kilogram pada Sabtu, (11/4).

Mahalnya harga daging tersebut disebabkan tradisi meugang bagi warga Aceh dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Meski harga daging capai Rp 190 ribu rupiah per kilogram, namun para penjual daging dadakan di pasar KPBU Meulaboh tetap ramai diserbu warga, bahkan dari pantauan AJNN, baik pembeli dan penjual tidak mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker.

Basri (56) seorang penjual daging dadakan mengatakan, mahalnya harga daging sapi dan kerbau memang sudah menjadi tradisi setiap hari meugang di Aceh.

"Saat ini harga daging Rp 170 ribu per kilogram sudah sedikit turun, tadi sempat Rp 190 ribu terus Rp 180 ribu. Mahalnya ya memang karena sudah begini setiap hari meugang," kata Basri selaku penjual daging dadakan.

Dikatakan Basri, harga daging bisa terus turun jika nantinya mulai sepi pembeli dan juga disebabkan hujan. Meski turun, kata dia, harga termurah tidak akan beranjak dibawah Rp 150 ribu per kilogram.

Ia menjelaskan, mahalnya harga daging juga disebabkan oleh tingginya permintaan daging di hari meugang. Hal ini disebabkan masyarakat Aceh menyantap daging di hari meugang jelang puasa, jelang idul fitri dan idul Adha sudah tradisi untuk menjalin kebersamaan serta berbagi dengan tetangga.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...