Harga Daging di Meulaboh Mulai Naik Jelang Ramadhan

Harga Daging di Meulaboh Mulai Naik Jelang Ramadhan
Ilustrasi. Foto: Dok AJNN

ACEH BARAT - Harga daging di pasar Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat mulai terjadi kenaikan, dari sebelumnya Rp 120 ribu menjadi Rp 150 ribu per kilogram

Kenaikan harga daging tersebut dipicu meugang menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah yang jatuh pada tanggal 11 April.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Aceh Barat, Zuliadi mengatakan, harga daging diperkirakan akan kembali naik pada hari Meugang, dan diperkirakan mencapai Rp 180 ribu.

"Harga daging mulai hari ini dari laporan kita terima sudah 150 ribu per kilogram. Dan pada hari H (Meugang) itu 180 ribu per kilogram pada pagi hari, bisa jadi akan terus turun dan menjadi normal pada sore hari. Ini nantinya tergantung pembeli pada hari H, kalau sepi akan terus turun," kata Kepala Dosperindagkop Aceh Barat, Zulyadi.

Zulyadi mengaku, mahalnya harga daging lantaran pihaknya tidak dapat melakukan penetapan harga, sebab untuk penentuan harga langsung dilepas kepada pasar.

Dikatakan Zulyadi, mahalnya harga daging disebabkan selama ini daging yang dijual di pasar merupakan daging segar bukan daging beku atau atau kalengan.

Tidak hanya itu, kata dia, pihaknya selaku otoritas yang selama ini mengawasi harga kebutuhan pokok juga tidak melakukan operasi pasar untuk harga daging.

"Untuk harga iya kita langsung lepas ke pasar, karena kita tidak bisa melakukan penetapan HET (Harga Eceran Tertinggi-red). Kan mereka juga jual daging segar. Untuk operasi pasar terhadap daging saat ini kita juga belum ada programnya, karena selama ini yang biasa kita lakukan untuk kebutuhan pokok lainnya," ungkapnya.

Dijelaskan Zulyadi, memang sudah menjadi tradisi di Aceh selama ini harga daging di Aceh terjadi kenaikan saat meugang dan juga hari-hari besar Islam lainnya.

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini