Unduh Aplikasi

Harga Cabai Merah di Singkil Tembus Rp 55.000 Perkilo

Harga Cabai Merah di Singkil Tembus Rp 55.000 Perkilo
Foto: Edi Putra/AJNN
ACEH SINGKIL - Harga cabai merah di Kabupaten Aceh Singkil melonjak  hampir dua kali lipat dari harga pekan sebelumnya, yakni Rp 55.000 perkilo atau naik Rp 23.000 dari harga semula sebesar Rp 32.000 perkilonya.

Setali tiga uang dengan cabai merah, harga cabai hijau juga naik Rp 5.000 perkilo gram, dari semula Rp 35.000 menjadi Rp 40.000 perkilonya, sedangkan cabai rawit harganya tidak mengalami kenaikan.

"Cabe mahalnya tak tanggung, padahal pekan lalu masih biasa-biasa saja," keluh Rasidah (45) pembeli di pasar harian Lae Butar, Senin (29/8).

Mahalnya harga cabai menurut para pedagang diakibatkan menurunnya pasokan dari Sumatera Utara.

"Kami tidak tahu pasti apa penyebabnya, mungkin karena Sinabung meletus atau karena musim hujan yang membuat hasil panen tidak maksimal," kata Rahmah salah seorang pedagang.

Selain akibat kekurangan pasokan dari Sumatera Utara, kenaikan harga cabai diperparah dengan hasil panen petani lokal yang selama ini masih sangat terbatas, sehingga belum mampu memenuhi permintaan pasar.

"Kalau pasokan dari sumut kurang sudah pasti naik harganya, kami memang masih bergantung dari sana, karena cabai lokal tidak banyak," sambung Rahma.

Selain itu tingginya harga cabai juga disinyalir akibat adanya permainan para tengkulak, mengingat telah mendekati Idul Adha yang biasanya identik dengan lonjakan harga sembako.

Komentar

Loading...