Unduh Aplikasi

Harga Batu Bara Dunia Anjlok, Perusahaan di Aceh Barat PHK Karyawan

Harga Batu Bara Dunia Anjlok, Perusahaan di Aceh Barat PHK Karyawan
Batubara
MEULABOH - Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dilakukan terhadap 173 orang karyawan PT. Cipta Kridatama (CK) Aceh Barat selaku rekanan perusahaan tambang batu bara PT.Mifa Bersaudara selama tahun 2015 ini.

Humas PT.CK Zulfahmi kepada AJNN, Sabtu (17/10) mengatakan dari 173 karyawan itu, tidak semuanya disebut dengan istilah PHK namun ada yang diberhentikan karena masa kontraknya berakhir dan tidak diperpanjang.

"Namun ada yang kita anggap surplus (kelebihan) itu yang di PHK," ujarnya.

Menurut Zulfahmi, mereka yang di-PHK akibat surplus berjumlah 30 orang sedangkan sisanya karena masa kontrak mereka berakhir.

Ia menjelaskan adanya istilah surplus bagi karyawan disebabkan tidak sesuainya jumlah target produksi batu bara dengan jumlah karyawan yang dipekerjakan di perusahaan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Zulfahmi menerangkan saat ini perusahaan PT. Mifa bersaudara sedang menurunkan jumlah target produksi yang dipicu oleh merosotnya harga jual batu bara dunia, sehingga mereka selaku perusahaan rekanan terpaksa mengurangi jumlah karyawan.

"Kalau masalah jumlah produksi saat ini kami dari PT.CK tidak tahu persis karena kami hanya rekanan, yang tahu jumlahnya PT.Mifa," kata dia.

| DARMANSYAH MUDA

Komentar

Loading...