Unduh Aplikasi

Hanya Tinggal Kepala, Seekor Lembu di Aceh Selatan Diduga Dimangsa Harimau

Hanya Tinggal Kepala, Seekor Lembu di Aceh Selatan Diduga Dimangsa Harimau
Kepala lembu yang diduga telah dimangsa harimau liar. Foto: Ist

BANDA ACEH - Seekor anak lembu berusia delapan bulan di kawasan Gampong Ladang Rimba Kecamatan Trumon Tengah, Aceh Selatan hanya tinggal kepala. Hewan tersebut diduga kuat telah dimangsa harimau liar, Kamis (12/9). 

Kepala lembu tersebut ditemukan di kebun cabai masyarakat setempat sekitar pukul 11.00 WIB. Lokasinya hanya berjarak lebih kurang 500 meter dari pemukiman penduduk Peukan Ladang Rimba. 

Lembu tersebut merupakan milik Sudirman (49), seorang petani gampong setempat.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, pihaknya telah mengirimkan petugas dengan bantuan dari WCS ke lokasi kejadian sejak kemarin. Bahkan harus ini juga sudah menurunkan pawang untuk melakukan penghalauan.

"Jadi penghalauan pawang akan dilakuman besok. Kami juga akan pasang kamera trap untuk pemantauan serta penyisiran dari kemungkinan ada yang memasang jerat," kata Sapto saat dikonfirmasi wartawan. 

Terkait insiden itu, Camat Trumon Tengah, Tahta Amirullah menyampaikan bahwa warga setempat memang telah mencurigai lembu itu dimangsa harimau. Karena badan hewan tersebut tidak dimangsa di lokasi kejadian, melainkan diseret ke tempat lain. 

Kata Tahta, sekitar tiga hari sebelum lembu itu hilang, Sudirman selaku pemilik memang sempat melihat langsung ada harimau mendekat ke area perkebunannya.

"Pas lihat, dia langsung buru-buru pulang, sempat heboh juga, tapi makin heboh setelah kepala sapi ditemukan ini," sebut Tahta. 

Karena itu, Tahta berharap pihak BKSDA secepatnya mencarikan solusi pencegahan agar harimau tidak lagi berkeliaran ke pemukiman penduduk supaya bisa memberikan kenyamanan warga. 

"Semoga pihak BKSDA bisa segera menemukan solusi untuk membuat masyarakat kembali merasa aman dan nyaman dalam bekerja di kebunnya," harap Tahta. 

Komentar

Loading...