Unduh Aplikasi

Hanya Tersisa Sapi Kurus dari Program Penggemukan Sapi di Abdya

Hanya Tersisa Sapi Kurus dari Program Penggemukan Sapi di Abdya
Sapi-sapi pada program penggemukan sapi di Aceh Barat Daya. Foto: Julida Fisma

ACEH BARAT DAYA - Meski diterapkan sejak dua tahun silam, program penggemukan sapi di sejumlah kecamatan di Aceh Barat Daya hingga saat ini belum berjalan seperti diharapkan.

"Kalau menggunakan cara tradisional, tidak perlu ada yang bimbing kami juga bisa sendiri," kata Faisal, warga Lembah Sabil, kepada AJNN, Ahad (25/12).

Jika dibandingkan dengan para peternak yang ada di Banda Aceh, peternak Abdya sangat jauh tertinggal dalam hal penggemukan ternak. Dia memperkirakan hanya 10 persen peternak di Abdya yang mau melakukan proses penggemukan sapi.

Faisal meyakini jika hal ini berjalan sejak dua tahun lalu, hasilnya akan mulai terlihat. Dan ini tidak hanya berdampak pada kesejahteraan para petani. Pasokan daging kepada masyarakat juga tercukupi.

"Saya belum melihat ada keseriusan dari dinas terkait untuk memaksimalkan program ini. Buktinya, pihak dinas belum pernah melakukan sosialisasi kepada kami peternak," keluh Faisal.

Keluhan yang sama juga disampaikan Jamaluddin. Dia juga mempertanyakan keseriusan pihak dinas dalam menjalankan program tesebut. "Hingga kini belum ada kabar akan dilakukan sosialisasi tentang proses penggemukan sapi," kata Jamaluddin.

Menurut Jamaluddin, pihak Dinas seharusnya bisa membawa sejumlah peternak dari Abdya belajar ke daerah lain di Aceh, atau ke wilayah lain di Indonesia, untuk mengetahui ilmu penggemukan sapi tersebut.

Kepala Bidang Peternakan pada Distanak Abdya, Irmanya, mengakui waktu dua tahun tidak bisa dijadikan patokan keberhasilan program ini. "Sedikit demi sedikit, kita yakin kalau ke depan proses penggemukan sapi akan maksimal," kata dia.

IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...