Hanya Jokowi yang Bisa Atasi Kelangkaan Solar 

Hanya Jokowi yang Bisa Atasi Kelangkaan Solar 
Foto: Net

Oleh : Salamuddin Daeng

Saat ini utang pemerintah ke Pertamina sangat besar. Utang ini menumpuk dari waktu ke waktu, tak penah dibayar sesuai dengan waktu sejak tahun 2017 sampai sekarang.

Sementara pertamina butuh uang banyak untuk pengadaan stok solar, membeli solar impor, membeli sawit untuk campuran solar, membiayai ongkos distribusi solar dan lain sebagainya. 

Dengan kebutuhan 15-16 miliar liter solar subsidi yang harus diadakan oleh pertamina, maka sedikitnya  uang yang harus tersedia mencapai Rp90 an triliun. Uang yang tidak sedikit.

Sementara sebagian besar solar yang dikonsumsi adalah solar subsidi. Beban Pertamina tidaklah mudah, menalangi terlebih dahulu bahan baku solar minyak mentah, menalangi pembelian solar impor, membeli minyak sawit kepada taipan. Semua itu membutuhkan uang besar. 

Apalagi disaat pemerintah sekarang sedang Tong Pes alias kantong kempes, sangat sulit bagi pertamina untuk menagih piutang. Atau sangat sulit bagi pemerintah untuk membayar utang. Apalagi pertamina sendiri tidak akan berani menagih.

Baca Selanjutnya...
Halaman 12

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini