Unduh Aplikasi

Hampir Sepekan Nova Iriansyah Jabat Gubernur Aceh, Apa Kabar Hak Angket DPRA? 

Hampir Sepekan Nova Iriansyah Jabat Gubernur Aceh, Apa Kabar Hak Angket DPRA? 
Juru Bicara Hak Angket DPRA, Irfannusir. Foto: Ist

BANDA ACEH - Hampir sepekan Nova Iriansyah dilantik sebagai Gubernur Aceh oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavia dalam rapat paripuran Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Namun, hingga saat ini belum ada kejelasan terkait Hak Angket Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) terhadap Nova Iriansyah, yang sempat tertunda dalam paripurna DPRA karena tidak memenuhi quorum.

Saat dihubungi AJNN, Juru Bicara Hak Angket DPRA, Irfannusir mengungkapkan, Badan Musyawarah (Banmus) DPRA belum melaksanakan rapat terkait kelanjutan hak angket terhadap Nova Iriansyah.

Ia mengaku, saat ini para inisiotor masih tetap ingin melanjutkan penggunakan hak angket. Namun penggunaan hak angke harus melalui mekanisme perundang-undangan yang berlaku.

"Belum di musyawarahkan oleh Banmus, lanjut atau tidak tentu sangat tergantung hasil rapat Banmus, walaupun para inisiator masih ingin tetap lanjut, tapi tentu harus melalui mekanisme," kata Irfannusir, di Banda Aceh, Selasa (10/11).

Irfannusir menilai, akhir-akhir ini Gubernur Aceh sangat kooperatif membangun komunikasi dengan DPRA. Sehingga menjadi acuan bagi pimpinan Banmus dan anggota untuk tidak membahas dan menjadwalkan hak angket.

Kata Politisi PAN ini, meski Gubernur Aceh sudah kooperatif, ia meminta agar pimpinan Banmus tetap membahas pengusulan hak angket yang diusulkan oleh sejumlah anggota DPRA.

Lanjutnya, saat ini kondisi Gubernur Aceh dan DPRA cukup baik, sehingga DPRA akan memprioritaskan pembahasan APBA 2021 yang waktunya sudah terbatas.

"Tetap dibahas, tapi saat ini kondisi Gubernur dan DPRA cukup baik, jadi kami prioritaskan dulu untuk bahas APBA 2021 yang sudah mepet waktunya, jangan sampai nanti DPRA di salahkan oleh masyarakat Aceh, jika APBA 2021 ini terlambat, kami juga tidak mau gara-gara disharmonisasi ini berimbas terhadap pembangunan," tutup Irfannusir.

Komentar

Loading...