Unduh Aplikasi

Hakim Tolak Gugatan Praperadilan Silver Sea 2

SABANG - Setelah berlangsung selama sepekan, sidang praperadilan MV.Silver Sea (SS-2) dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencapai babak final, Selasa(20/10).

Hakim tunggal Noor Ichwan Ichlas memutuskan menolak praperadilan pihak SS 2 terhadap KKP.  Sidang yang berlangsung selama 15 menit di Pengadilan Negeri (PN) Kota Sabang dihadiri kedua belah pihak.

Dalam bacaan putusan tersebut hakim menilai bahwa tersangka Yotin Kuarabiab kapten kapal berbendera Thailand selaku pemohon tidak berhak mengajukan praperadilan dikarenakan bukan pemilik kapal.

"Jelas bahwa kapten kapal merupakan pekerja sebagai Nahkoda bukan pemilik kapal, dengan demikian pemohon Yotin tidak memiliki dukungan untuk melakukan pengujian atas penyitaan kapal tersebut," kata Majelis Hakim saat baca putusan.

Selain itu, majelis hakim juga menolak gugatan ganti rugi yang diajukan pemohon sebesar Rp 6 milliar terhadap termohon.

Sementara, kuasa hukum SS 2 Hendri Rivai usai menjalani sidang tersebut mengatakan pihaknya menerima apapun putusan pengadilan. Meski adanya kekecewaan terhadap putusan itu.

Dalam putusan yang dibacakan hakim, lanjutnya ada beberapa yang menjangal dimana penangkapan dan penetapan tersangka hakim tidak membutuhkan dua alat bukti tetapi cukup dengan dugaan atas tindakan kejahatan perikanan yang dituduh oleh pihak KKP.

"Kita tetap terima putusan itu, tapi ada sedikit kekecewaan dalam putusan tersebut, dimana hakim hanya membutuhkan dugaan saja, dan tidak membutuhkan dua alat bukti terhadap penangkapan kapal SS 2," ujarnya.

|TOMMY

 
IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...