Unduh Aplikasi

Haji Tito Nilai Pengelolan Otsus oleh Provinsi Kurang Efektif

Haji Tito Nilai Pengelolan Otsus oleh Provinsi Kurang Efektif

ACEH BARAT - Bupati Aceh Barat non aktif, Teuku Alaidinsyah menilai pengelolaan dana otonomi khusus (otsus) secara langsung oleh provinsi tidak efektif dan tidak akan mampu menjawab persoalan kebutuhan pembangunan di kabupatenkkota.

"Kalau saya terserah mau dikelola sendiri oleh provinsi. Tapi kalau dikelola provinsi kan terlalu banyak. Kenapa tidak dilimpahkan saja pengelolaannya kepada kab/kota agar lebih maksimal," kata Teuku Alaidinsyah yang akrab disapa Haji Tito, kepada AJNN, Jumat (25/11).

Haji Tito berpendapat dengan pengelolaan langsung oleh kabupaten kota seperti yang dilakukan selama ini, selain mengurangi beban provinsi, pengelolaan anggran juga akan maksimal, karena pembahasan pengelolaan anggaran bersumber dari otsus itu dibahas dengan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten.

Menurutnya, pengelolaan dana otsus oleh kab/kota kota juga dinilai transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Selama ini dana otsus yang dikelola oleh kab/kota telah dijalankan sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis), seperti pembiayaan 20 persen untuk pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi serta insfrastruktur.

Pengelolaan otsus oleh provinsi dengan melihat daerah- daerah prioritas menurutnya juga akan terjadi ketimpangan dalam pembagian porsi anggaran, sehingga akan ada penilian ketidakadilan provinsi terhadap kab/kota.

Dikatakan Haji Tito, meski khawatir akan menimbulkan banyak masalah terutama tidak optimalnya pengelolaan yang dilakukan provinsi, namun semua kebijakan ada di provinsi, sehingga yang berhak mengambil keputusan adalah provinsi, dan itu berdasarkan kajian- kajian yang dilakukan.

Komentar

Loading...