Unduh Aplikasi

Hadapi Idul Fitri dan Antisipasi Covid-19, Sekda Bener Meriah: Puskemas Tidak Boleh Kosong

Hadapi Idul Fitri dan Antisipasi Covid-19, Sekda Bener Meriah: Puskemas Tidak Boleh Kosong
Foto: IST.

BENER MERIAH - Sekretaris Daerah (Sekda) Bener Meriah, Haili Yoga memastikan semua layanan masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan harus selalu siaga dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1443 H serta untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Haili Yoga ketika menjadi pembina apel pagi, Senin (4/5/2021) di Puskesmas Blang Rakal, kecamatan Pintu Rime Gayo, kabupaten Bener Meriah.

"Khusus untuk Puskesmas Blang Rakal, karena salah satu pintu masuk menuju daerah Gayo khususnya kabupaten Bener Meriah. Maka harus ektra kerja keras terutama dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan sekaligus menjadi Posko Relawan Covid-19 serta Posko Operasi Ketupat 2021," ujar Haili Yoga.

Terkait penanganan Covid-19 khususnya di Kabupaten Bener Meriah, Haili berharap kepada seluruh tenaga kesehatan untuk ambil peran dalam penanganan Covid-19, apalagi bidan desa yang merupakan ujung tombak.

Para petugas kesehatan diharapkan harus memahami  dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak terkontaminasi oleh informasi yang tidak valid, serta aktif melakukan pemantauan kesehatan warga terlebih bagi warga yang punya riwayat perjalanan keluar daerah.

Sekda juga berpesan kepada para tenaga kesehatan untuk tidak meninggalkan Puskesmas dalam keadaan kosong, serta jangan sampai meninggalkan posko tanpa alasan yang jelas.

Ia juga memberikan himbauan kepada Bidan Desa (Bides).

“Bidan Desa merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat dilapangan, karena bidan desalah yang tahu data dan seluruh informasi tentang kesehatan dalam wilayahnya masing-masing,” ungkap Haili Yoga.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Bener Meriah juga menekankan kepada seluruh Bidan Desa dalam wilayah kabupaten Bener Meriah agar jangan pernah lelah dan bosan mengedukasi serta mensosialisasikan kepada masyarakat tentang Protokol Kesehatan (Protkes). Ia berharap Bides berikan informasi sejelas-jelasnya, kemudian mengajak masyarakat untuk berprilaku hidup sehat.

Terakhir didalam kesempatan tersebut, Sekda juga menjelaskan tentang SAKIP dan capaian kabupaten Bener Meriah pada tahun 2020 yang mendapatkan Predikat B, yang diharapkan ditahun 2021 ini mendapatkan predikat BB. Namun untuk menggapai itu diperlukan keseriusan semua pihak.

Dalam pantauan AJNN, tampak juga mendampingi Sekda dalam apel pagi bersama di Puskesmas Blang Rakal yaitu, Kadis Kesehatan, Abdul Muis, Kadis Sosial Mahmudin, Kadis Pertanian, Nurisman, Kepala DPMK, Suarman  Kepala Dinas P3A & KB, Susnaini, Kalak BPBD Safriadi, Sekretaris Dinas Syari'at, Islam Aminsyah, Kabag Tapem. Khairmansyah, Kapus dan dua orang dokter yang bertugas di PKM Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kasubag Protokol Candra Sasmita, dan pihak terkait lainnya.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...