Unduh Aplikasi

Habiskan Anggaran Rp 40.2 Miliar, RSU Pratama Aceh Utara Masih Terkendala IPAL

Habiskan Anggaran Rp 40.2 Miliar, RSU Pratama Aceh Utara Masih Terkendala IPAL
Rumah Sakit Umum Pratama Kabupaten Aceh Utara. Foto: Atjehdaily

ACEH UTARA - Rumah Sakit Umum Pratama Kabupaten Aceh Utara yang dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 mencapai Rp 40,2 miliar, hingga kini belum beroperasi, bahkan pemkab setempat saat ini memanfaatkan bangunan tersebut sebagai tempat isolasi ASN yang menjadi Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin mengatakan, rumah sakit tersebut belum difungsikan karena belum rampung sepenuhnya dan masih ada sejumlah administrasi yang belum terselesaikan.

“Rumah sakit ini memang sudah diserahterimakan oleh rekanan ke Pemkab Aceh Utara, dan kami menilai dari segi pembangunan sudah sesuai,” kata Amir kepada AJNN, Jumat (28/8).

Selain administrasi, kata Amir, rumah sakit tersebut saat ini juga masih belum mempunyai Intalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), dan dalam tahun ini IPAL sudah dipersiapkan.

Baca: RSU Pratama Aceh Utara Dijadikan Tempat Isolasi OTG Covid-19 Khusus ASN

“Saluran IPAL tidak bisa dibangun bersamaan dengan bangunan rumah sakit, setelah bangunan rampung baru diusulkan untuk saluran tersebut,” ujarnya.

Lanjut Amir, ditargetkan di awal tahun 2021, Rumah Sakit Umum Pratama itu akan rampung dari berbagai sisi, baik itu administrasi dan IPAL.

“Insyaallah, awal tahun 2021 rumah sakit ini akan beroperasi,” imbuhnya.

Komentar

Loading...