Unduh Aplikasi

Guru tak profesional, anjloknya mutu pendidikan di Aceh

ACEH TENGAH – Keterpurukan mutu pendidikan di Aceh dinilai karena lemahnya profesionalitas tenaga pengajar (guru). Banyak guru yang ditemui di sekolah tidak menguasai bahan dalam proses mengajar dan rendahnya moral guru, sehingga berdampak langsung terhadap siswa.

Salah satu faktor lain anjloknya mutu pendidikan Aceh akibat lemahnya empat kompetisi pada tenaga pengajar. Dari hasil survei yang dilakukan, banyak guru lemah dalam kemampuan mengajar, selanjutnya guru tidak profesional dan kepribadian guru saat ini telah luntur, serta kurangnya kompetisi sosial tenaga pengajar. Kata Bardan Sahidi Anggota DPRA kepada AJNN Minggu, (19/10).

“Pembinaan guru harus segera dilakukan, kalau tidak mutu pendidikan di Aceh tahun ini saya prediksi akan berada pada level 30 dari 33 Provinsi di Indonesia, ini memalukan” ujar Bardan Sahidi.

Bardan menambahkan, Pemerintah melalui Dinas Pendidikan harus serius membina guru melalui pelatihan-pelatihan. Kurikulum 2013 yang sedang diterapkan di Aceh, justru sangat aplikatif dan mendukung untuk percepatan penyerapan ilmu.

"Kurikulum ini sangat bagus, Namun ketidak siapan para guru menjadi persoalan utama." Ungkap Bardan.


Nusi



Komentar

Loading...