Unduh Aplikasi

Guru Besar Kodrat Indonesia akan Berkunjung ke Aceh

Guru Besar Kodrat Indonesia akan Berkunjung ke Aceh
BANDA ACEH - Sang Guru Besar olahraga tarung derajat (Kodrat) Indonesia direncanakan akan mengunjungi Aceh. Kepastian kunjungan pendiri olahraga beladiri tarung derajat ini diungkapkan Guru H. Achmad Drajat dalam pertemuan dengan delegasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh beberapa hari lalu di Kawah Derajat, Bandung, Jawa Barat. Tempat ini merupakan perguruan pusat tarung derajat Indonesia.

Dari KONI Aceh, hadir pada pertemuan tersebut antara lain, Ketua Harian Kamaruddin Abu Bakar atau Abu Razak, Wakil Ketua I Bidang Organisasi Musa Bintang, Sekretaris Umum M. Nasir, Bendahara Umum Kennedy Husein, Pengurus KONI Aceh M. Irfan, serta Kepala Sekretariat KONI Aceh Alfian Zuhri. “Rencananya beliau akan berkunjung ke Aceh pada akhir bulan Mei (2016) ini,” kata Abu Razak di Banda Aceh, Senin 25 April 2015.

Adapun agenda kunjungan tersebut jelas Abu Razak, Sang Guru yang kerap disapa AA Boxer itu akan memberikan materi coaching clinic bagi pelatih dan wasit tarung derajat Aceh terkait perkembangan teknis olahraga beladiri tarung derajat. “KONI Aceh akan memfasilitasi kunjungan tersebut,” kata Abu Razak.

Selain itu kata Abu Razak, kunjungan KONI Aceh untuk menjumpai langsung AA Boxer juga terkait dengan rencana pemusatan latihan atlet tarung derajat Aceh di perguruan pusat Kodrat Indonesia atau biasa disebut Kawah Derajat dalam rangka persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX September 2016 yang juga dilaksanakan di Jawa Barat. “Karena itu sebelumnya kita melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Sang Guru,” jelas Abu Razak.

Pemusatan latihan di Kawah Derajat kata Abu Razak bertujuan untuk meningkatkan kuallitas teknis atlet baik di nomor tarung maupun nomor seni. Rencana pemusatan latihan di Kawah Derajat akan dimulai sepekan setelah lebaran Idul Fitri 2016. Selain itu, atlet tarung derajat Aceh juga melakoni sejumlah try out (uji tanding) dengan beberapa provinsi di Pulau Jawa.

Kepada AA Boxer, Abu Razak berharap agar Pengurus Besar (PB) Kodrat dapat memberikan perhatian khusus kepada atlet dan pelatih tarung derajat Aceh. Karena selain merupakan aset olahraga Aceh, para atlet dan pelatih tersebut juga merupakan aset nasional yang telah beberapa kali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Menanggapi permintaan Abu Razak, AA Boxer mengatakan pihaknya siap memfasilitasi setiap program yang berhubungan dengan peningkatan prestasi tarung derajat Aceh. “Kita juga siap memberikan bimbingan teknis, baik semasa pemusatan latihan maupun dalam menghadapi try out,” kata AA Boxer dalam pertemuan itu seperti disampaikan kembali oleh Abu Razak.

AA Boxer juga menyampaikan apresiasi tinggi atas kunjugan KONI Aceh ke Kawah Derajat. Menurutnya, itu merupakan salahsatu indikasi bahwa hubungan kelembagaan antara KONI Aceh dan Pengurus provinsi (Pengprov) Kodrat Aceh dengan PB Kodrat Indonesia berjalan lancar. “Ini (hubungan kelembaggaan) kita harap dapat dipupuk terus.”

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Aceh M. Nasir mengatakan, sejauh ini PB Kodrat memang cukup serius memberikan perhatian kepada tarung derajat Aceh. Hal itu misalnya dapat dilihat dari terpilihnya lima atlet Aceh untuk mewakili Indonesia di ajang Kejuaraan Tarung Derajat Asean II 2016 yang saat ini tengah berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.  “Jawa Barat saja yang merupakan pusat olahraga ini (tarung derajat) hanya mendapatkan jatah empat orang,” kata Nasir.

Komentar

Loading...