Unduh Aplikasi

Guru Abdya kewalahan terapkan Kurikulum 2013

ACEH BARAT DAYA - Tak sedikit guru mengakui belum menguasai Kurikulum 2013. Selain di Aceh Utara dan Nagan Raya kondisi serupa juga dialami guru di Aceh Barat Daya.

Seperti disampaikan Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Manggeng, Abdya, Masjidar. Katanya dewan guru di sekolah yang dia pimpin memang merasa kesulitan menguasai Kurikulum 2013. Sebabnya belum semua guru mendapatkan pelatihan.

Dikatakan Masjidar, khususnya untuk SMAN 1 Manggeng sangat kewalahan dalam melaksanakan tugas kurikulum 2013. Sebab, untuk mata pelajaran tahun lalu para dewan guru belum mendapatkan pelatihan.

“Kelemahan kita di Sekolah ini itulah, beberapa mata pelajaran belum mendapatkan pelatihan,” katanya, Rabu (15/10).

Untuk itu katanya, sangat dibutuhkan pelatihan kepada guru-guru di sekolah setempat seperti mata pelajaran penjaskes, PPKN, Sosiologi, Sejarah.

“Khususnya untuk pelajaran IPS, guru kita sangat membutuhkan pelatihan, tapi untuk pelajaran IPA sudah memadai,” ujarnya.

Walaupun dalam kondisi kelemahan lanjut Masjidar, para guru-guru tetap semangat untuk memberikan yang terbaik bagi siswanya. Namun, mereka harus mencari solusi agar penerapan Kurikulum 2013 berjalan sesuai dengan prosuder yang berlaku.

Kurikulum 2013 kata Masjidar, guru-guru dituntut sebagai fasilitator bagi murid. Guru masih butuh penyesuaian.

“Khususnya dari guru-guru yang memegang mata pelajaran IPS belum mengikuti pelatihan. Tetapi untuk mata pelajaran IPA sudah ada yang pernah mengikuti pelatihan tersebut, bahkan ada seorang guru sudah bisa menghasilkan karya ilmiah karena sering mengikuti pelatihan,” tuturnya.

Untuk itu, ia berharap kepada Dinas Pendidikan Kabupaten setempat agar segera melaksanakan pelatihan, dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman dalam penerapkan Kurikulum 2013.

RAHMAT RT

Komentar

Loading...