Unduh Aplikasi

Gugatan Irwandi Tak Diterima, PNA Kubu Tiyong Minta Kemenkumham Keluarkan SK

Gugatan Irwandi Tak Diterima, PNA Kubu Tiyong Minta Kemenkumham Keluarkan SK
Sekjen DPP PNA versi KLB saat memberikan keterangan usai persidangan. Foto: AJNN.Net/Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh tidak menerima sepenuhnya gugatan Ketua Umum DPP PNA Irwandi Yusuf terhadap Samsul Bahri alias Tiyong Cs sebagai pengurus PNA versi Kongres Luar Biasa (KLB). 

Terkait keputusan ini, Sekjen PNA versi KLB, Miswar Fuadi meminta Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Aceh untuk segera mengeluarkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan DPP PNA hasil KLB tersebut. 

Miswar menyampaikan, dengan penolakan gugatan itu, maka secara KLB yang sudah diselenggarakan tersebut telah sah secara hukum.

"Karena itu, kamk meminta pihak Kemenkumham Aceh tidak lagi menunda pengeluaran surat pengesahan pengurus PNA hasil KLB," kata Miswar Fuadi kepada wartawan usai persidangan, Selasa (7/1). 

Kata Miswar, majelis hakim secara  jelas menyebutkan bahwa jika memang para pihak yang merasa dirugikan oleh KLB itu, maka bisa mengajukan protes ke mahkamah partai, namun sejauh ini langkah tersebut belum ditempuh pihak penggugat. 

"Kami pikir dengan keputusan hari ini, walaupun masih ada upaya hukum ke Mahkamah Agung, saya kira itu tidak akan berbeda hasilnya," ujarnya. 

Hal itu, lanjut Miswar, karena memang sudah begitu jelas pertimbangan majelis hukum yang menilai bahwa perkara ini merupakan sengketa perselisihan partai politik, sehingga harus ditempuh secara internal yaitu ke mahkamah partai. 

"Mahkamah partai pun sudah terbentuk pasca-KLB kemarin, kenapa tidak diajukan kesana saja," imbuh Miswar. 

Kyriad Muraya Hotel Aceh

Komentar

Loading...