Unduh Aplikasi

Gudang Penyimpanan Barang Bekas di Kantor Bupati Aceh Barat Terbakar

Gudang Penyimpanan Barang Bekas di Kantor Bupati Aceh Barat Terbakar
Pemadam kebakaran saat memadamkan api yang membakar gudang penyimpanan barang bekas di Kantor Bupati Aceh Barat. Foto: Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Gudang penyimpanan mobiler berkas serta arsip di Kantor Bupati Aceh Barat terbakar, Selasa (16/1) sekira pukul 19.11 WIB. Akibatnya api juga hampir membakar aula pertemuan Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) yang bereda berdekatan dengan gedung tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Teuku Syahluna Polem mengatakan api berhasil dikuasai setelah pihaknya menurunkan 40 personil serta lima mobil pemadaman sebanyak 5 unit.

“Saat kami tiba api sudah membakar seluruh isi gudang, namun beruntung kami cepat memadamkan api sehingga tidak merembet ke gedung pertemuan milik Bappeda,” kata Syahluna.

Menurut Syahluna, saat melakukan pemadaman api terhadap bangunan yang terbakar, sebagian mobil pemadam ikut menyiram gedung pertemuan milik Bappeda yang hanya berjarak sekitar sepuluh meter dari gedung tersebut.

Menurutnya jika tidak dilakukan penyiraman pada gedung pertemuan itu, maka tidak tertutup kemungkinan gedung tersebut ikut terbakar.

“Tadi kami juga terus menyiram atap serta bagian dinding lantai dua gedung pertemuan milik Bappeda itu. Kalau tidak gedung bisa ikut terbakar,” ungkapnya.

Sementara itu Kasi Media Masa, Humas Setdakab Aceh Barat, Adi Wijaya mengatakan gudang yang terbakar itu merupakan bangunan lama yang tidak pernah terpakai lagi. Gudang tersebut selama ini digunakan untuk menyimpan mobiler bekas yang telah rusak atau tidak terpakai lagi, serta arsip yang sudah tidak berlaku lagi.

“Ini bangunan tua sudah lama tidak dipakai. Gudang ini juga sudah tidak lagi dialiri aliran listrik. Kalau penyebab kebakaran saya juga tidak tahu,” kata Adi Wijaya.

Menanggap peristiwa kebakaran tersebut, Kepala Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Raden Bobby Aria Prakasa melalui Kepala Satuan Reserse Dan Kriminal, Ajun Komisaris Polisi Fitriadi mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

“Untuk menceri tahu kami akan lakukan penyelidikan dengan mengumpulkan beberapa barang bukti yang ada disekitar,” kata Fitriadi.

Dari pantauan AJNN di lokasi kebakaran, beberapa kaca gedung pertemuan Bappeda Aceh Barat terlihat retak yang diperkirakan akibat panas yang ditimbulkan dari api saat gudang mobiler tersebut terbakar.

Komentar

Loading...