Unduh Aplikasi

Gubernur Zaini : Pemerintah Aceh akan Optimalkan Sektor Pertanian

Gubernur Zaini : Pemerintah Aceh akan Optimalkan Sektor Pertanian
Gubernur Zaini Abdullah. Foto Humas Prov
BANDA ACEH – Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan pemerintah Aceh akan mengoptimalkan sektor pertanian. Hal itu disampaikan Zaini dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedelai, Rabu (23/3) kemarin.

Ia menambahkan, pada tahun 2016 ini, pertanian Aceh fokus pada produksi padi yang ditargetkan meningkat sebesar 2,5 juta ton dengan luas tanah mencapai 512.557 hektar, sedangkan produksi jagung mencapai 250 ribu ton dengan luas areal tanah mencapai 60 ribu hektar, dan produksi kedelai pada tahun ini mencapai 70 ribu ton dengan luas tanah mencapai 47,526 hektar.

Menurutnya, dengan jumlah yang besar tersebut ada beberapa hal yang harus di perbaiki, seperti peningkatan sistem irigasi, penyediaan bibit yang berkualitas tinggi harus direalisasikan melalui desa yang mandiri, peningkatan areal tanah serta pemanfaatan lahan kosong untuk cetak sawah baru.

“Pemerintah Aceh juga sudah menyerahkan sejumlah bantuan berupa mesin pertanian kepada kelompok tani untuk di kelola oleh petani, agar produksi petani semakin meningkat,” ujar Abu Doto.

Menurut data Badan Pusat Statisti (BPS), produksi padi Aceh pada tahun 2015 merupakan produksi tertinggi di Indonesia dengan mencapai 2,3 ton, naik 27 persen dari produksi tahun 2014, sedangkan jagung mencapai 205,125 ton meningkat 1,4 persen sementara produksi kedelai mencapai 47,610 ton turun 24 persen dari tahun sebelumnya.

Turunnya produksi kedelai disebabkan harga jual kedelai yang relatif murah, hanya Rp 4000 perkilo, sehingga membuat petani enggan mengembangkan komuditas ini.

“Kami sudah menyurati kementerian pertanian agar menetapakan harga kedelai sebesar Rp tujuh ribu hingga delapan ribu, jika harga sudah tinggi petani juga semakin tertarik menanamnya”, tutur Zaini
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...