Unduh Aplikasi

Gubernur Zaini hadiri silaturrahmi nasional, sebut SBY berjasa

JAKARTA - Para pejabat tinggi diundang untuk hadir pada acara silaturrahmi nasional, Rabu (15/10). Kegiatan tersebut berlangsung di Sentul Internasional Convention Centre (SICC), Bogor. Setidaknya lebih dari 5.000 undangan hadir, mungkin inilah pertemuan terakhir dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kapasitas sebagai Kepala Negara.

Presiden SBY didampingi Wakil Presiden Boediono, para menteri kabinet Indonesia Bersatu II, Kapolri Jenderal Polisi Sutarman, Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan sejumlah pejabat lainnya. Juga dihadiri para Gubernur, Bupati, Walikota, Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala Kejaksaan Negeri, para Ketua DPRD dan juga Pimpinan Militer serta Kepolisian Daerah dari seluruh Indonesia.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah juga ikut menghadiri acara ini. Kata Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh, Murthalamuddin, kegiatan bertajuk "Silaturahmi Nasional Menuju Pembangunan Nasional yang Berkelanjutan" ini dimulai pagi tadi, atau tepatnya sekitar jam 9.00 WIB.

Acara ini juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan dari para Gubernur yang bergabung dalam Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) kepada Presiden SBY.

“Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua APPSI Yasin limpo kepada Pak SBY,”kata Murthalamudddin, yang turut mendampingi Gubernur Zaini. Murthala menjelaskan, Acara ini lebih kepada perpisahan dengan Presiden SBY yang akan mengakhiri tugas-tugas dalam memimpin bangsa.

SBY akan menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan Republik Indonesia periode 2014 – 2019 kepada Presiden terpilih Joko Widodo, yang dijadwalkan akan diambil sumpahnya dan dilantik menjadi Presiden ke-7 RI dalam sidang MPR pada 20 Oktober mendatang.

Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah dalam kesempatan itu menyatakan, perdamaian adalah salah satu karya besar Presiden SBY. "Walaupun belum tuntas, namun kita syukuri berkat kemauan beliau dan jajarannya perdamaian dan proses rehab rekon Aceh telah berlangsung dengan baik,” kata Zaini Abdullah.

Menko Polhukam Djoko Suyanto, dalam laporannya mengatakan bahwa momentum ini menjadi pertemuan besar diakhiri tugas Presiden SBY. Ia juga mengatakan, Pertemuan ini mengakhiri rapat koordinasi Pileg dan Pilpres.

“Beliau juga menyampaikan terima kasih kesemua pihak atas suksesnya dua agenda nasional (Pileg dan Pilpres) dan peralihan kepemimpinan nasional,”ungkap Murthalamuddin.

SP

Komentar

Loading...