Unduh Aplikasi

Gubernur Hadiri Wisuda di UIN Ar-Raniry

Gubernur Hadiri Wisuda di UIN Ar-Raniry
Gubernur Aceh, Zaini Abullah.
BANDA ACEH - Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah, menghadiri acara wisuda 967 lulusan dari pelbagai program pendidikan, baik dari Program Diploma III (D-III), Strata 1 (S1), Program Megister (S2) dan Program Doktoral (S3). mahasiswa di kampus UIN Ar-Raniry,Banda Aceh, Selasa (22/03).

Dalam kesempatan itu, gubernur mengajak para lulusan UIN untuk terjun ke dunia usaha guna mengatasi permasalahan minimnya lapangan kerja yang tersedia. "Lulusan semakin bertambah tapi lapangan kerja masih minim," kata gubernur di Auditorium Ali Hasjmy, Darussalam.

Guna mengatasi permasalahan tersebut, Gubernur Zaini menyatakan perlunya keterlibatan dan partisipasi aktif seluruh stakeholder, terutama lembaga pendidikan di Aceh, agar dapat membekali peserta didik dengan semangat wirausaha, sehingga mereka lebih siap ketika terjun ke masyarakat nantinya.

"Pemerintah Aceh tentu tidak dapat bekerja sendiri, kami terus berupaya sekuat tenaga agar iklim investasi Aceh dapat terus berkembang, untuk memperluas lapangan kerja yang ada, termasuk melalui Dinas Koperasi dan UKM Aceh yang terus melakukan berbagai program dalam rangka mencetak lebih banyak pengusaha di Aceh," ujar gubernur.

Gubernur mencontohkan, saat ini jumlah pengusaha di Indonesia sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah pengusaha di negara tetangga yang lebih maju dari tingkat perekonomian. "Pengusaha di Indonesia, pada tahun 2015 hanya berkisar 1,65 persen dari jumlah penduduk. Bandingkan dengan negara jiran Malaysia yang mencapai 5 persen, dan Singapura 7 persen. Semakin tinggi jumlah pengusaha, maka semakin banyak angkatan kerja yang bisa diserap," kata Gubernur yang kerap disapa dengan Doto Zaini.

Tantangan dalam menciptakan lapangan pekerjaan saat ini menurut Doto Zaini semakin diperkuat dengan berlakunya Pasar Bebas Asean dalam bingkai Asean Economic Community (Masyarakat Ekonomi Asean), di mana penguasaan skill amat menentukan keberhasilan.

"Itulah alasannya saya menyerukan kepada anak-anak kami para wisudawan dan wisudawati agar terus mengasah dan mengembangkan diri dengan skill atau keterampilan yang baik. Jangan hanya terpaku pada peluang menjadi karyawan atau PNS, sebaliknya ciptakan peluang dengan menumbuhkan kreatifitas dalam wirausaha. Jadilah manusia yang sebaik-baiknya, yaitu manusia yang membawa manfaat bagi sesama," tegasnya.

Kepada para wisudawan dan wisudawati Gubernur Zaini berpesan agar para lulusan dapat menguasai teori dan terus menggali pengalaman lebih mendalam melalui praktek dalam kehidupan sehari-hari. "Ingatlah, prosesi wisuda ini bukanlah akhir dari perjalanan, tapi justru merupakan permulaan kehidupan yang sebenarnya," ujarnya.

"Atas nama pribadi maupun sebagai Kepala Pemerintahan Aceh, saya mengucapkan selamat kepada anak-anak kami para wisudawan. Kepada para wali dan orang tua mahasiswa, saya juga mengucapkan selamat atas keberhasilan anak-anak kita ini dalam menyelesaikan studinya. Mudah-mudahan momen ini merupakan langkah awal untuk mendorong anak-anak kita menjadi lebih mandiri dan kelak bisa menjadi pemimpin di masyarakat," pungkas Doto Zaini.

Komentar

Loading...