Unduh Aplikasi

Gubernur Dukung Pembangunan Teluk Surin Abdya

Gubernur Dukung Pembangunan Teluk Surin Abdya
Surat Gubernur Aceh ke Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI terkait Pelabuhan Teluk Surin Abdya. Foto: Ist

BANDA ACEH - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengirimkan surat kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, surat tersebut terkait penyampaian dukungan Pemerintah Aceh tentang rencana pembangunan Pelabuhan Teluk Surin di Kabupaten Aceh Barat Daya sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) 2018.

Dalam surat bernomor 551.53/29441 yang diteken Gubernur Aceh ini disampaikan bahwa Pemerintah Aceh melalui Kabupaten Abdya telah menyiapkan studi kelayakan, rencana induk, Detail Engineering Design (DED), Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL), izin lingkungan dan tanah seluas 50 haktare dengan status bersetifikat dan juga telah disiapkan infrastruktur jalan dengan lebar 30 meter ke arah Pelabuhan Teluk Surin.

Dalam upaya mempercepat pembangunan pelabuhan tersebut, Pemerintah Aceh mendukung inisiatif percepatan pembangunan Pelabuhan Teluk Surin yang diusulkan oleh Pemerintah Abdya, karena hal itu diharapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mempertimbangkan dan memprioritaskan kegiatan ini sebagai proyek strategis nasional 2018.

Sementara itu, Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dalam status Facebooknya mengatakan, dengan ini pihaknya akan mengawal proses sampai ke pusat, karena jika Teluk Surin masuk PSN pada tahun ini, maka tahun 2018 pembangunan bisa laksanakan.

"Nyan...nyannnn Gubernur sudah menandatangani surat usulan pelabuhan Surin masuk dalam Program Strategis Nasional (PSN). Tinggal kita kawal di pusat. Kalau Surin bisa masuk PSN tahun ini, Insya Allah tahun depan akan mulai dibangun," tulis Akmal Ibrahim seperti yang dikutip AJNN, Kamis (19/10) kemarin.

Kata Akmal, persiapan Surin sudah lengkap baik dari DED, AMDAL maupun Surat Keputusan (SK) Menteri Perhubungan, bahkan sudah masuk Keppres Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Presiden Jokowi.

"Kalau bisa kita kejar masuk PSN tahun ini, agar semuanya final. Terimakasih atas dukungan Pak Gubernur Irwandi. Mohon doa dan dukungan masyatakat Abdya," ujarnya.

Komentar

Loading...