Unduh Aplikasi

Gubernur Aceh Resmi Perpanjang Moratorium Tambang dan Sawit

Gubernur Aceh Resmi Perpanjang Moratorium Tambang dan Sawit

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh resmi memperpanjang Instruksi Gubernur tentang Moratorium Izin Usaha Pertambangan Mineral Logam dan Batubara serta moratorium izin prinsip penanaman modal dalam negeri dan penanaman modal asing di bidang perkebunan kelapa sawit.

Kepastian kelanjutan moratorium tambang tersebut setelah Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengeluarkan ingub terbaru bernomor 05/INSTR/2017 tentang perpanjangan moratorium izin usaha pertambangan mineral logam dan batubara, serta Ingub 04/INSTR/2017 tentang moratorium izin prinsip penanaman modal dalam negeri dan penanaman modal asing di bidang perkebunan kelapa sawit.

Ingub perpanjangan moratorium tambang. Foto: Dok AJNN

Dalam dua Ingub tersebut, moratorium hanya diperpanjang selama enam bulan yakni sampai bulan Juni 2018. Ingub pertambangan diteken Irwandi Yusuf pada 15 Desember 2017, sementara Ingub moratorium sawit diteken pada 12 Desember 2017.

Baca: GeRAK: Segera Lanjutkan Moratorium Tambang

Kepala Biro Hukum Pemerintah Aceh Edrian membenarkan kalau Gubernur Irwandi Yusuf telah meneken perpanjangan moratorium tambang dan sawit

"Ada dua moratorium yang diperpanjang gubernur, yakni moratorium tambang dan sawit," kata Edrian kepada AJNN, Rabu (3/1)

Ingub perpanjangan moratorium izin sawit. Foto: Dok AJNN

Ia menjelaskan dua kebijakan tersebut sangat tepat, tujuannya adalah untuk mengevaluasi dan menertibkan perizinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Ini juga bertujuan untuk menjaga kelestarian ekosistem lingkungan hidup bagi kebutuhan manusia dan juga untuk tindakan preventif menghindari berbagai bencana yang mungkin akan terjadi. Kami berharap semua kompenen masyarakat mendukung kebijakan gubernur ini," jelasnya.

 

Komentar

Loading...