Unduh Aplikasi

Gubernur Aceh Cabut Rekomendasi Perpanjangan Izin HGU PT CA

Gubernur Aceh Cabut Rekomendasi Perpanjangan Izin HGU PT CA
Potongan surat GubernurAceh

BANDA ACEH - Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf telah mengeluarkan surat pencabutan rekomendasi perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU) PT Cemerlang Abadi (CA) yang pernah dikeluarkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Soedarmo pada 2016 lalu.

Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim melalui status facebooknya memposting surat pencabutan rekomendasi izin HGU PT CA yang telah ditandatangani Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf itu.

Surat Gubernur Aceh dengan nomor 590/18740 tertanggal 26 Juni 2018 itu ditujukan langsung kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Republik Indonesia.

"Baru saja ditandatangani Gubernur, surat pencabutan rekomendasi perpanjangan izin HGU PT CA yang diberikan oleh PJ Gubernur Sudarmo tahun lalu," tulis Akmal Ibrahim dalam postingannya.

Surat Gubernur Aceh

Kemudian, tulis Akmal, dengan telah dicabutnya rekomendasi tersebut, maka Menteri Agraria atau Kepala BPN Pusat tidak mempunyai dasar hukum lagi untuk memperpanjang izin HGU PT CA tersebut.

"Dengan dicabutnya rekomendasi ini, secara hukum sudah tak ada lagi dasar apapun Menteri Agraria, Kepala BPN Pusat untuk memperpanjang izin HGU PT CA," katanya.

Namun, lanjut Akmal, jika nantinya Pemerintah Pusat tetap memperpanjang HGU tersebut, pihaknya bersama Pemerintah Aceh akan siap menempuh jalur hukum dan bahkan melaporkannya kepada Presiden.

"Bila diperpanjang, maka Abdya dan Pemerintah Aceh bersiap untuk menempuh jalur hukum, dan melaporkan secara khusus hingga ke Presiden. Mohon doanya," pungkas Akmal Ibrahim.

Berikut isi surat Gubernur Aceh tentang pencabutan rekomendasi perpanjangan HGU PT Cemerlang Abadi:

1. Sehubungan dengan surat kami Nomor 525/BP2T/2657/2016 tanggal 20 Desember 2016 perihal Rekomendasi Perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU) atas nama PT Cemerlang Abadi, kami sampaikan bahwa rekomendasi yang telah diterbitkan tersebut dicabut dengan pertimbangan sebagai berikut:

a. Hak Guna Usaha (HGU) PT Cemerlang Abadi telah berakhir pada tanggal 31 Desember 2017 sampai saat belum mendapat perpanjangan.

b. Surat Bupati Aceh Barat Daya Nomor 590/243/2018 tanggal 19 Maret 2018 perihal Penolakan Perpanjangan lzin HGU PT Cemerlang Abadi.

c. Surat Gubernur Aceh Nomor 590/6993 tanggal 21 Februari 2018 perihal Pembatalan Izin HGU PT Cemerlang Abadi.

d. PT Cemerlang Abadi selama 30 tahun telah menelantarkan lahan HGU dan tidak melaporkan perkembangan usaha secara berkala setiap semester kepada Kepala Dinas teknis terkait.

e. Tidak melakukan kegiatan kemitraan usaha perkebunan sebagaimana Pasal 57 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan.

f. Tidak melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagaimana perintah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

2. Berkenaan dengan hal tersebut diatas, kami mengharapkan Bapak Menteri agar permohonan perpanjangan HGU yang diajukan oleh PT Cemerlang Abadi yang sebelumnya telah mendapat rekomendasi dari kami untuk tidak dikabulkan.

Komentar

Loading...