Unduh Aplikasi

GP Ansor Dukung Pembentukan Badan Dayah di Banda Aceh

GP Ansor Dukung Pembentukan Badan Dayah di Banda Aceh
Suhendry Yasin

BANDA ACEH - Wacana pembentukan Badan Pendidikan Dayah sebagai salah satu Satuan Kerja Perangkat Kota Banda Aceh didukung oleh Pengurus Cabang GP Ansor Banda Aceh. Langkah ini dianggap sebagai dukungan terhadap peningkatan kualitas pendidikan berbasis Islam.

“Pembentukan Badan Dayah Kota Banda Aceh merupakan terobosan terhadap pendidikan dayah dan seirama dengan konsep pembangunan kota madani yang selama ini didengung-dengungkan pemerintah kota,” kata Suhendry Yasin, Wakil Ketua PC GP Ansor Kota Banda Aceh, Jumat (11/11).

Ketiadaan badan yang khusus mengurusi dayah ini dianggap Suhendry sebagai penyebab tidak tergarapnya potensi dayah/pasantren secara maksimal. Padahal, kata dia, dayah merupakan pondasi untuk memperkuat akidah dan memperdalam keislaman. Dayah bahkan menjadi tameng untuk membendung pendangkalan akidah dan aliran sesat yang selama ini marak di tengah masyarakat.

Keberadaan badan dayah di Banda Aceh, kata Suhendry, akan lebih memfokuskan nilai kajian keislaman. Dia juga yakin keberadaannya dapat membantu pemerintah dalam menjalankan syariat Islam.

GP Ansor Kota, kata Suhendry, membuka kesempatan untuk berdialog dengan ulama-ulama dan pengurus pondok pesantren yang ada di Banda Aceh terkait dengan rencana pembentukan Badan Pendidikan Dayah. Di saat bersamaan, kata dia, perlu dukungan politik dari anggota legislatif agar pembentukan badan ini cepat terwujud.

Komentar

Loading...