Unduh Aplikasi

Gerhana Tak Terlihat, Warga Aceh Barat Tetap Salat Kusuf

Gerhana Tak Terlihat, Warga Aceh Barat Tetap Salat Kusuf
Gerhana matahari di Banda Aceh. Foto: Aprizal Rachmat
ACEH BARAT - Meskipun di Aceh Barat tidak terlihat adanya gerhana matahari seperti yang terjadi di daerah lain di Indonesia, namun masyarakat kabupaten tersebut tetap melaksanakan shalat sunat gerhana matahari (kusuf syamsi).

Pantauan AJNN, sekira pukul 7.05 WIB, di Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, ribuan warga berkumpul melaksanakan shalat sunat gerhana matahari. Selain di Masjid Agung, salat sunat gerhana juga dilaksanakan dibeberapa mesjid lainnya yang ada di Aceh Barat.

Kepala Badan Metreologi, Klimetologi dan Geofisika (BMKG) Meulaboh-Nagan Raya, Edi Darlupti mengatakan, untuk wilayah Aceh Barat tidak menjadi daerah lintasan fenomena alam tersebut. "Tadi pagi langit terlihat agak gelap merupakan gumpalan awan tebal karena mendung." kata Edi Darlupti, Rabu (9/3).

Menurut Edi, apabila Aceh Barat dilintasi gerhana matahari, sejak awal pihaknya pasti akan melakukan persiapan untuk melihat kejadian langka tersebut. "Kalau Aceh Barat akan dilintasi gerhana matahari, dari awal kami sudah melakukan persiapan seperti mendatangkan alat pemantau gerhana seperti teleskop," jelasnya.

Komentar

Loading...