Unduh Aplikasi

GeRAK Kritik Wacana Aplikasi SIKS-NG di Aceh Utara: Rumah Dhuafa Lebih Penting

GeRAK Kritik Wacana Aplikasi SIKS-NG di Aceh Utara: Rumah Dhuafa Lebih Penting
Koordinator GeRAK Aceh, Askhalani. Foto: Ist

ACEH UTARA - Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh menilai kegiatan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) yang diwacanakan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui dinas sosial tidak akan efektif dan menimbulkan masalah baru dimasa mendatang.

“Belajar dari pengalaman, beberapa program yang didorong soal aplikasi pasti ujungnya tidak akan terpakai. Program ini juga akan rawan menjadi temuan dan berpotensi menimbulkan dampak negatif,” kata Koordinator GeRAK Aceh, Askhalani kepada AJNN, Senin (1/6).

Dikatakan Askhalani, program-program model aplikasi tidak akan efektif jika diterapkan di desa-desa, dan hal itu hanya akan menjadi masalah baru serta pada ujungnya program tersebut akan mubazir.

“Aceh Utara masih butuh anggaran untuk kebutuhan masyarakat miskin, seperti rumah layak huni dan fasilitas lainnya. Hal itu jelas lebih penting daripada program semacam ini,” ujarnya.

Ia mempertanyakan apa dasar hukum program itu dirancang. Pasalnya, tidak ada program nasional yang mendorong ke arah tersebut. Dan hal ini akan menjadi kebijakan yang mubazir.

Baca: Wacanakan Buat Aplikasi SIKS-NG, Gampong di Aceh Utara Diminta Siapkan Dana Rp 30 Juta

“Bupati Aceh Utara perlu mereformasi ulang, program yang lebih bermanfaat dari pada program yang tidak menimbulkan dampak apapun untuk kebutuhan publik,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui dinas sosial merencanakan akan melaksanakan kegiatan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) di seluruh desa daerah setempat.

Wacana tersebut direncanakan akan dilaksanakan terhitung mulai tahun 2021. Hal tersebut tercantum dalam draft yang diterima AJNN, Minggu (31/5) kemarin.

Dalam draft tersebut tertulis, kepada para keuchik di 852 gampong dalam Kabupaten Aceh Utara agar dapat mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan SIKS-NG. Sementara usulan prioritas anggaran gampong untuk pelaksanaan tersebut Rp30 juta.

Komentar

Loading...