Unduh Aplikasi

GeRAK Fasilitasi Open Data Sektor Pertambangan

GeRAK Fasilitasi Open Data Sektor Pertambangan
BANDA ACEH - Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh memfasilitasi identifikasi kebutuhan data terbuka (Open Data) di sektor pertambangan untuk Provinsi Aceh. "Kegiatan ini kami laksanakan selama dua hari di gedung Sekolah Anti Korupsi (SAKA) Banda Aceh," kata Koordinator GeRAK Aceh, Askhalani kepada AJNN, Senin (7/3).

Askhalani mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mendorong tata kelola pemerintahan yang lebih transparan sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan melalui penerapan data terbuka dari sektor pertambangan.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengidentifikasi data dan informasi sektor tambang yang dibutuhkan masyarakat menurut organisasi masyarakat sipil. Dan juga untuk mempersiapkan badan publik dalam menyajikan informasi berbasis open data itu sendiri.

"Semua ini tentunya dapat mensinergikan peran masyarakat dan stakeholders ikut berpartisipasi dalam pembangunan di daerah," jelasnya.

Askhal menyebutkan, adapun peserta yang hadir pada kegiatan ini yaitu perwakilan lembaga swadya masyarakat seperti Jaringan koalisi Masyarakat Adat (JKMA), Jaringan Masyarakat Tambang (JMT) Wahana Iingkungan Hidup (WALHI) Aceh, Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA), Yayasan Advokasi Rakyat Aceh ( YARA), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh dan LSM lainnya di Aceh.

"Ikut serta juga beberapa kawan-kawan dari jurnalis seperti perwakilan Harian Rakyat Aceh, Green Jurnalisme beserta lainnya," ujarnya.

Untuk itu, dirinya berharap, dengan adanya informasi publik sektor pertambangan yang dibutuhkan masyarakat, juga mampu menghimpun masukan sebagai strategi badan publik dalam menyajikan informasi publik segi tambang berbasis data terbuka.

Komentar

Loading...