Unduh Aplikasi

GeRAK dan SAKA Ikut Forum Pemberantasan Korupsi Sektor SDA

GeRAK dan SAKA Ikut Forum Pemberantasan Korupsi Sektor SDA

BANDA ACEH - Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) serta Sekolah Anti Korupsi Aceh (SAKA) mengirimkan dua pengurusnya untuk mengikuti Indonesia Anti Coruption Forum (IACF) ke 5 di Jakarta, Senin (28/11).

Kedua perwakilan yang diamanahkan tersebut masing-masing, Rahmat Fajri dari GeRAK dan Abdul Aziz mewakili SAKA. Forum itu berpusat di Universitas Bina Nusantara Jakarta, hingga Rabu (30/11).

"Forum ini dikuti oleh aktivis anti korupsi, lingkungan, pertambangan dan beberapa unsur lainnya Se-Indonesia," kata Rahmat Fajri yang mewakili GeRAK Aceh kepada AJNN melalui telpon genggamnya.

Kata Fajri, forum anti korupsi itu dilaksanakan sebagai ruang diskusi dan refleksi terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sektor sumber daya alam dan lingkungan hidup dalam persfektif lintas pemangku kepentingan (multi-stakeholder).

Selain itu juga untuk merumuskan isu-isu strategis dan sektor prioritas yang diidentifikasi rawan korupsi serta dalam implementasi, pengawasan dan evaluasi Strategi Nasional pencegahan dan pemberantasan korupsi (Stranas PPK) dimana salah satunya yang menjadi fokus adalah sektor sumber daya alam dan lingkungan hidup

"Aspirasi dan masukan segenap stakeholder ditingkat lokal, untuk mengidentifikasi titik kritis dari korupsi sektor sumber daya alam dan lingkungan hidup serta bagaimana peran optimal KPK dalam mendorong pemberantasan korupsi pada sektor tersebut," jelasnya.

Fajri juga menyampaikan, forum diskusi itu dibagi berbagai sisi, diantarnya pencegahan, pendidikan, antisipasi serta penindakan. Dan dalam hal tersebut dirinya membahas tentang antisipasi dan penindakan, sedangkan Abdul Aziz memilih pendidikan dan tata cara pencegahan korupsi pada sektor sumber daya alam.

" Semua diskusi forum ini fokus melihat kinerja pemberantasan korupsi disektor sumberdaya alam dan lingkungan hidup," ujar Fajri.

Komentar

Loading...