Unduh Aplikasi

GeRAK Aceh Desak BPK Audit Kegiatan Empat Pilar DPR RI

GeRAK Aceh Desak BPK Audit Kegiatan Empat Pilar DPR RI
Koordinator GeRAK Aceh Askhalani. Foto: Fauzul Husni

BANDA ACEH - Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh meminta BPK untuk melakukan audit terhadap anggaran kegiatan sosialisasi empat pilar DPR RI dan DPD RI di seluruh Indonesia.

Temuan  30 bal buku dan enam bal sertifikat empat pilar di Kantor Kadin Aceh milik Firmandez menjadi bukti bahwa proyek empat pilar diduga tidak pernah dilakukan oleh anggota DPR RI tersebut. Seharusnya, buku-buku dan sertifikat tersebut harus sudah tersalurkan kepada masyarakat, dan bukan disimpan.

“Kami menduga kegiatan sosialisasi empat pilar itu tidak pernah dilakukan, padahal anggaran sudah ada, kalau memang ada dilakukan, pasti buku-buku itu sudah habis dibagikan,” kata Koordinator GeRAK Aceh, Askhalani kepada AJNN, Senin (1/10) di Banda Aceh.

Baca: Tumpuk Buku Sosialisasi Pilar Kebangsaan, Firmandez Dilaporkan

Menurut Askhalani, kegiatan empat pilar yang selama ini dilaksanakan oleh anggota DPR RI dan DPD RI tidak memiliki manfaat terhadap masyarakat. Apalagi kegiatan-kegiatan seremonial seperti itu tujuannya hanya untuk menghabiskan anggaran yang besar.

“Temuan di Kantor Kadin Aceh bisa menjadi bukti awal bahwa kegiatan empat pilar milik anggota dewan diduga kuat banyak yang tidak dilakukan,” ujarnya.

Seharusnya, kata Askhal, anggaran untuk kegiatan empat pilar tersebut bisa dialihkan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat dan bisa menyentuh masyarakat.

“Berapa anggaran untuk cetak buku dan sertifikat itu, kemudian buku dan sertifikat itu ditumpuk di kantor kadin, anggaran terbuang sia-sia, ini namanya proyek mubazir,” tegasnya.

Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...