Unduh Aplikasi

Gerak Aceh Barat tuding 49 sekolah tidak transparan kelola dana BOS

ACEH BARAT - Gerakan Anti korupsi (GeRAK) Aceh Barat menuding 49 sekolah yang berada di kecamatan Johan kabupaten Aceh Barat, tidak transparan dalam pengelola dana Biaya Operasional Sekolah (BOS).

Koordinator Gerak Aceh Barat Baharuddin Bahari dalam rilisnya mengatakan penilaian tersebut didasarkan pada hasil kegiatan uji akses pengelolaan dana BOS yang dilakukan Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh Barat terhadap 49 (empat puluh sembilan) sekolah dan madrasah dalam kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat.

“Uji akses pengelolaan dana BOS yang melibatkan 25 orang petugas survey (assesor) tersebut menggunakan metode penyampaian permohonan informasi secara tertulis melalui penyampaian surat permohonan data/ dokumen yang dituju kepada masing-masing kepala sekolah dan kepala madrasah,” ujarnya.

Baharuddin mencurigai penolakan transparansi oleh sekolah dan madrasah mengindikasikan adanya ketidakberesan pengelolaan dana BOS di daerah ini.

“Mustahil akan ditutupi jika prosesnya dilakukan sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku. Apalagi pengelolaan dana BOS Aceh Barat sempat menjadi pemberitaan besar beberapa waktu lalu akibat mencuatnya indikasi penyimpangan dan penyelewengan yang dilakukan oleh kepala sekolah,” sebutnya.

Ia menambakan, terkait dengan temuan uji akses itu GeRAK Aceh Barat mendesak pemerintah kabupaten Aceh Barat untuk meningkatkan pengawasan dan mendorong pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) secara transparan.

Mereka juga mendesak Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan pengawasan dana BOS dan mewajibkan setiap sekolah

"Dan mewajibkan setiap sekolah untuk mengumumkan besarnya dana yang diterima dan dikelola oleh sekolah dan rencana penggunaan dana BOS (RKAS) yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, Bendahara dan Ketua Komite Sekolah di papan pengumuman sekolah dan media lain yang mudah diakses oleh masyarakat," katanya.

MUKHLIS

Komentar

Loading...