Unduh Aplikasi

Genjot PAD, BUMG Lueng Gayo Gandeng PT ASN untuk Jual Beli Sawit

Genjot PAD, BUMG Lueng Gayo Gandeng PT ASN untuk Jual Beli Sawit
Pihak PT. ASN bersama BUMG desa Lueng Gayo serta Sekda Aceh Jaya sedang menandatangi MoU jual beli buah sawit.

ACEH JAYA - Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Adil Membina Makmur Bersama (ADMEMBER) menjalin kerjasama dengan PT. Agro Sinergi Nusantara (ASN) yang difasilitasi oleh Pemkab Aceh Jaya di bawah Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMPKB) Aceh Jaya, Kamis (25/6) Sore.

Kepala DPMPKB Aceh Jaya, Teuku Reza Fahlevi menjelaskan, gebrakan untuk membentuk BUMG di Desa Lueng Gayo, kecamatan Teunom tersebut juga sudah tertuang dalam Qanun Gampong Lueng Gayo nomor 17 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) desa Lueng Gayo, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya yang bergerak di bidang jual beli sawit.

Selain itu, Desa Lueng Gayo yang mayoritas penduduknya merupakan para petani sawit sehingga sangat didirikan BUMG bidang jual beli sawit untuk menjadikan desanya lebih mandiri dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) desa.

"Ini perdana ada BUMG yang gandeng perusahaan sawit, dan kita sangat mendukungnya," kata Teuku Reza.

Sementara itu, pihaknya juga menginginkan ke depan akan lahir BUMG - BUMG desa lainnya untuk terus berinovasi yang dapat menjadikan desanya lebih mandiri sehingga ke depan desa akan lebih siap menjawab kebutuhan masyarakat.

"Harapan kita juga, pihak desa ada yang mau berkonsultasi jika ada yang sudah membangun BUMG namun tidak jalan maupun yang belum membangun BUMG-nya sama sekali," pinta Teuku Reza.

Direktur Utama PT. ASN, Mahdi Alharis mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi atas inisiasi pihak DPMPKB Aceh Jaya serta desa Lueng Gayo untuk membentuk sebuah MoU terkait jual beli sawit dengan pihak PT. ASN yang merupakan anak dari PTPN III (PT. Perkebunan Nusantara).

Menurutnya, di Indonesia baru kali ini ada MoU dengan pihak BUMG untuk konsep jual beli Tandan Buah Segar (TBS). Dan ini merupakan peluang bagus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama di wilayah Desa Lueng Gayo umumnya Aceh Jaya.

"Saya pikir dengan program ini nantinya para petani sawit akan meningkat pendapatannya sehingga masyarakat akan lebih gairah lagi dalam bertani," tutur Mahdi.

Sementara itu, Sekda Aceh Jaya, Mustafa yang mewakili Bupati Aceh Jaya juga merespon baik atas terbentuknya BUMG Desa Lueng Gayo serta terjalinnya kerjasama dengan pihak PT.ASN yang bergerak di bidang sawit.

"Alhamdulillah tadi sudah sudah menandatangani MoU antara kedua belah pihak dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat," ucap Mustafa.

Menurutnya, BUMG Desa Lueng Gayo nantinya akan menampung buah sawit baik dari para petani desa Lueng Gayo maupun dari luar dan untuk memasok ke PT. ASN.

"Artinya, BUMG ini nantinya akan jadi salah satu pemasok terhadap PT.ASN dengan sistem kontrak sesuai MoU terhitung sejak 1 Juli 2020 mendatang," pungkasnya.

Komentar

Loading...