Unduh Aplikasi

Genjot Kunjungan Wisatawan, Sabang Gelar Festival Seni Etnic Serumpun

Genjot Kunjungan Wisatawan, Sabang Gelar Festival Seni Etnic Serumpun
Kadisparbud Kota Sabang, Faisal. Foto: Ist

BANDA ACEH - 12 sanggar profesional seni di Aceh dan Sabang bakal meriahkan Festival Seni Budaya Etnic Serumpun yang akan digelar di Kota Sabang, Jumat (30/8).

Bahkan, tujuh sanggar seni dari luar Aceh juga turut meriahkan festival yang berakhir hingga, Senin (2/9) itu.

Kadisparbud Kota Sabang, Faisal mengatakan, peserta dari luar Aceh yang mengikuti event tersebut yakni dari Kalimantan Barat, Siak, Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan, Deli Serdang dan Pesisir Sumatera Utara.

“Kegiatan guna mempersatukan seni yang ada dengan daerah serumpun, sebagai suku Aceh ini sangat dekat dan menyatu dengan suku Melayu. Karena Melayu itu adalah Aceh, Aceh juga adalah melayu atau serumpun. Jadi biar ada penyatuan keberagaman di sini," kata Faisal dalam keterangannya, Kamis (29/8).

Hal senada juga diutarakan Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Kota Sabang, Ramlan Yahya menyebutkan, saat malam pembukaan Festival Seni Etnic Serumpun ini nantinya ikut dimeriahkan tarian kolosal.

“Kita akan start dari tanggal 29 Agustus, dengan melakukan gladi bersih karena nanti akan ada tari kolosal dan juga disambut dengan tari peserta dari nusantara. Maka pada tanggal 30, kita langsung dimalam harinya ada opening ceremoninya,” sebut Ramlan.

Kata Ramlan, pihaknya sempat rencanakan untuk menghadirkan sanggar seni dari luar negeri seperti Malaysia, Brunei dan Singapura, namun mengingat waktu dan jumlah kuota terbatas, maka untuk negara tetangga dan provinsi yang belum mendapatkan kesempatan tampil, bakal diundang pada Festival seni Etnic Serumpun tahun depan.

“Sebenarnya negara-negara tetangga berkeinginan ikut serta seperti Malaysia dan Brunei, termasuk sejumlah provinsi di Indonesia. Tetapi, pada kegiatan tahun depan, semua yang telah menyatakan diri pasti kita ikutkan,” imbuh Ramlan Yahya.

ADV

Kyriad Muraya Hotel Aceh

Komentar

Loading...