Unduh Aplikasi

Gempa Guncang Aceh, Warga Diimbau Tak Terpancing Isu Tsunami

Gempa Guncang Aceh, Warga Diimbau Tak Terpancing Isu Tsunami
Bangunan yang roboh akibat gempa di Pidie Jaya. Foto: Muksal Mina

BANDA ACEH - Kepala Stasiun Geofisika Mata Ie Eridawati mengatakan gempa yang berpusat di Pidie Jaya, Selasa (7/12). Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 05.03 WIB dengan kekuatan 6.4 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 5.19 LU dan 96.36 BT, pada kedalaman 10 km.

Menurutnya, gempa bumi hampir dirasakan di seluruh wilayah provinsi Aceh dari Banda Aceh, Pidie Jaya, Lhosumawe, Meulaboh. Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan kuat dirasakan di daerah Banda Aceh dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (III-IV MMI).

Baca: Gempa 6,4 SR Guncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

"Di daerah ini guncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh orang banyak, bahkan beberapa warga berhamburan ke luar untuk menyelamatkan diri. Terkait dengan peristiwa gempabumi Aceh yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 05:30 WIB, sudah terjadi lima aktivitas gempabumi susulan," kata Eridawati

Untu itu, kata Eridawati, pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah Banda Aceh – Pidie Jaya diimbau agar tidak terpancing isu tsunami karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami, terjadi di darat.

"Ditinjau dari lokasi epicenter, gempabumi ini merupakan gempabumi berpusat di darat," ungkapnya.

Komentar

Loading...