Unduh Aplikasi

Gempa 6,4 SR, 15 Rumah dan Satu Sekolah Rusak di Bener Meriah

Gempa 6,4 SR, 15 Rumah dan Satu Sekolah Rusak di Bener Meriah
Kondisi mobil warga yang rusak akibat tertimpa bangunan karena gempa. Foto: Arsadi

BENER MERIAH - Dampak gempa 6,4 skala richter (SR) yang mengguncang Pidie Jaya juga dirasakan di Kabupaten Bener Meriah. Akibatnya tiga ruangan Sekolah SDN Alam Jaya Kampung Timang Gajah Kecamatan Gajah Putih rusak parah, pada bagian atap plafon dan dinding, sehingga dua ruang kelas belajar dan satu ruang perpustakaan tidak dapat difungsikan.

Selain sekolah, 15 unit rumah warga di Kecamatan Timang Gajah juga mengalami kerusakan ringan. Kesemuanya merupakan rumah permanen, dindingnya retak dan lempengan semen berjatuhan. Salah satu mobil warga juga rusak karena tertimpa reruntuhan dinding rumah. Hingga saat ini tim BPBD Bener Meriah masih terus melakukan pendataan. Sementara di Bener Meriah tidak ada korban jiwa.

Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah Hazairin mengatakan pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut kepada pemerintah daerah. “Hingga saat ini proses belajar mengajar tetap berlanjut dengan memanfaatkan bangun yang ada,” kata Hazairin, Rabu (7/12).

Saat ini, kondisi bangunan sekolah berserakan dan tidak dapat ditempati karena plafon yang rusak masih bergantungan, sehingga pihak sekolah berencana mendirikan tenda darurat BPD untuk proses belajar mengajar.

“Setelah kami cek kelapangan, tiga ruangan yang rusak tersebut dikategorikan rusak sedang, namun demikian sebelum dilakukan perehaban bangunan tersebut tidak berani ditempati karena dapat membahayakan keselamatan para siswa dan guru," ujar Zairin.

Bangunan sekolah yang rusak itu merupakan bangunan yang baru dibangun pada pada tahun 2014 lalu karena sebelumnya rusak akibat gempa Gayo pada 2013 lalu.

Komentar

Loading...