Unduh Aplikasi

Gelombang Laut Tinggi, Nelayan Lhokseumawe dan Aceh Utara Diimbau Waspada

Gelombang Laut Tinggi, Nelayan Lhokseumawe dan Aceh Utara Diimbau Waspada
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH UTARA - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh, mengimbau kepada seluruh masyarakat serta nelayan agar mewaspada gelombang tinggi di perairan Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Prakirawan BMKG Malikussaleh, Kharendra Muiz mengatakan, gelombang tinggi 2.25 meter berpotensi terjadi di perairan Selat Malaka bagian Utara, Aceh Utara. Dan diperkirakan akan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

“Kami meminta kepada nelayan agar memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m,” kata Kharendra kepada AJNN.

Tambah pria berkulit putih itu, pihaknya juga mengimbau kepada kapal tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m.

Kemudian kapal ferry dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m, kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar, kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m.

“Kami berharap kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," ujarnya.

Komentar

Loading...