Unduh Aplikasi

Gelar Razia, Polresta Banda Aceh Amankan 12 Kendaraan Tanpa Dokumen

Gelar Razia, Polresta Banda Aceh Amankan 12 Kendaraan Tanpa Dokumen
Petugas gabungan memeriksa kelengkapan surat-surat pengendara saat menggelar razia di kawasan Pango Banda Aceh,Sabtu (10/11) malam.

BANDA ACEH - Sebanyak 12 unit kendaraan terjaring dalam razia cipta kondisi yang digelar Satuan Polisi Lalu lintas Markas Kepolisian Kota Banda Aceh, Sabtu, (10/11) malam. Petugas mengamankan 12 unit kendaraan bermotor yang dikemudikan tanpa kelengkapan surat-surat oleh pemiliknya.

"Barang bukti yang disita sebanyak 12 unit kendaraan bermotor, 15 lembar Surat Izn Mengemudi dan 13 lembar STNK," kata Kapolresta Banda Aceh Komisaris Besar Polisi Trisno Riyanto melalui Wakil Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas, Ajun Komisaris Polisi, Syabirin kepada AJNN.

Menurut Syabirin, umumnya para pelanggar tidak mampu memperlihatkan kelengkapan surat-surat berkendaraan saat terjaring dalam razia di Kawasan Pango tersebut. Beberapa diantarannya kata Syabirin bahkan tidak dapat memperlihatkan dokumen kepemilikan kendaraan yang sah.

"Jadi kendaraan yang diamankan petugas karena pemiliknya tidak membawa bukti kepemilikan seperti STNK. Ada juga yang mengemudikan kendaraan tanpa SIM jadi terpaksa kita tilang," kata Syabirin.

Dia mengatakan seluruh kendaraan dapat diambil kembali pemiliknya jika telah membawa dokumen kendaraan sebagaimana diatur Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009. Syabirin berharap para pengendara melengkapi surat-surat saat berkendara di jalan raya.

"Merujuk pada UU lalu lintas ini banyak ancaman sangsi dan denda bagi para pelanggar untuk itu kami mengimbau agar masyarakat disiplin agar terhindar dari sangsi dan denda," kata Syabirin.

Razia yang melibatkan 60 personel gabungan dari berbagai satuan di Polresta Banda Aceh ini sempat membuat panik sejumlah pengendara yang melintas di kawasan Pango.

Beberapa pengendara terlihat menghindari razia petugas, baik dengan cara memutar arah kendaraan maupun berhenti menunggu petugas selesai menggelar razia yang dipimpin Kepala Bagian Operasi Polresta Banda Aceh, Komisaris Polisi Dedy Darwinsyah itu.

Komentar

Loading...