Unduh Aplikasi

Gelar Pilkada Desember 2020, KPU Diminta Terapkan Protokol Covid-19

Gelar Pilkada Desember 2020, KPU Diminta Terapkan Protokol Covid-19
Potongan surat Gugus Tugas Covid-19 kepada Ketua KPU. Foto: Dok AJNN

BANDA ACEH - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan Komisi Pemilihan Umum dapat melanjutkan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang sempat tertunda, dengan syarat tetap memperhatikan protokol kesehatan penanganan Covid-19 dalam setiap tahapannya.

"Serta berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan RI dalam penyiapan protokol kesehatan dimaksud, agar dipatuhi oleh semua pihak yang terlibat dalam pilkada 2020," ujar Doni Monardo dalam suratnya kepada Ketua KPU RI, Rabu (27/5).

Disebutkan Doni, pihaknya mengapresiasi atas keputusan KPU RI, Pemerintah dan DPR RI yang menunda pelaksanaan pemungutan suara pilkada 2020, dari bulan September 2020 diundur menjadi bulan Desember 2020.

"Penundaan ini sangat membantu upaya percepatan penanganan Covid-19 yang membutuhkan partisipasi semua pihak," tuturnya.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum RI dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, telah menyepakati rencana pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak, digelar pada Desember 2020 mendatang. Kesepakatan itu diambil dalam rapat video conference, Rabu (27/5).

Komisioner KPU-RI, Ilham Saputra saat dikonfirmasi mengatakan KPU memberikan syarat jika Pilkada diselenggarakan pada masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), maka anggaran untuk pelaksanaan tahapan pilkada harus ditambah.

Dalam waktu dekat, kata Ilham, KPU akan mengajukan draft rencana anggaran yang akan diperlukan untuk pelaksanaan tahapan pilkada serentak, kepada DPR dan Pemerintah untuk kemudian dibahas dalam rapat anggaran.

"Jika syarat tadi (penambahan anggaran) dieksekusi maka Pilkada Desember akan dapat dilaksanakan. KPU akan mengajukan anggaran kepada DPR dan Pemerintah untuk dibahas," kata Ilham Saputra.

Realisasi APBK AJay

Komentar

Loading...