Unduh Aplikasi

Gejala Klinis Kemungkinan Terpapar Covid-19

Gejala Klinis Kemungkinan Terpapar Covid-19
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA - Direktur Utama Rumah Sakit Daerah (RSUD) Pidie Jaya, dr Fajriman menyebutkan ada beberapa gejala klinis yang kemungkinan terpapar virus corona atau Covid-19.

“Terdapat 13 gejala yang kemungkinan terkena Covid-19, batuk, hidung tersumbat, hilang penciuman, nyeri menelan, berdahak kental, demam, sesak, badan terasa nyeri dan lemas, pucat, cepat lelah, nyeri kepala, dan riwayat bepergian keluar kota, serta riwayat kontak dengan penderita virus corona,” kata Fajriman kepada AJNN, Jumat (2/10).

Dikatakan Fajriman, jika menemukan gejala-gejala tersebut, maka orang tersebut harus perlakukan dirinya sebagai orang yang sudah terpapar virus corona.

“Bila anda menemukan lima sampai tujuh gejala di atas yang perlu anda lakukan adalah, perlakukan diri anda sebagai penderita curiga covid, terus menjaga kontak dengan orang lain, pakai masker harus lebih disiplin, cuci tangan lebih disiplin, makan makanan bergizi tinggi, jangan panik, olahraga, berjemur, tetap mejaga bahagia, konsumsi obat-obat pereda keluhan seperti obat obat flu ringan yang tersedia dipasar (apotek), konsumsi multi vitamin, sampaikan keluhan tersebut kepada petugas kesehatan, lakukan juga proteksi untuk keluarga atau orang dekat yang pernah kontak erat dengan anda, dengan memberikan vitamin walaupun belum bergejala,” sebut dokter spesialis saraf tersebut.

Fajriman menambahkan, rapid test dan swab kerongkongan adalah sebuah pemeriksaan penunjang untuk membuktikan apakah benar penyebab keluhan itu disebabkan oleh virus corona atau bukan.

“Namun dalam kondisi pandemi walaupun belum ada rapid test atau pemeriksaan swab anda harus menata diri sebagai pasien yang mengarah ke Covid-19. Ini sangat penting untuk tidak terjadi keterlambatan dalam penanganan baik secara mandiri ataupun di rumah sakit,” harapnya.

“Mohon koreksi bila ada yang keliru, semoga bermanfaat dalam kondisi pandemik yang semuanya juga serba tidak ideal. Hanya kepada Allah lah kita bertawakkal semoga bencana non alam ini bisa cepat selesai,” pungkas mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie itu.

Komentar

Loading...