Unduh Aplikasi

Gegara BLT, Warga Gampong Tanjong Datangi Kantor Keuchik

Gegara BLT, Warga Gampong Tanjong Datangi Kantor Keuchik
Keuchik Gampong Tanjong Samsul menyerahkan BLT Dana Desa secara simbolis kepada keluarga penerima manfaat. Foto: AJNN/Salman

PIDIE - Puluhan masyarakat Gampong Tanjong, Kecamatan Kembanga Tanjong, Kabupaten Pidie mendatangi kantor geusyik mulai sejak pagi hingga siang, namun mereka tidak datang secara berkerumunan namun tetap menjaga protokoler kesehatan.

Keuchik Gampong Tanjong Samsul Bahri kepada AJNN, Kamis (18/6) mengatakan, puluhan masyarakat yang datang ke kantor keuchik adalah penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap II. Sementara untuk tahap I sudah tuntas disalurkan.

Disebutkan, penerima BLT DD tahap II sebanyak 57 keluarga, sementara tahap I sebanyak 63 keluarga. Dan ini terjadi pengurangan penerima BLT DD tahap II.

"Berkurangnya penerima BLT setelah mendapat data susulan via bank bahwa penerima BST bertambah lima keluarga maka dicorot dari penerima BLT," ujarnya.

Samsul menuturkan, BLT tersebut disalurkan kepada keluarga yang tidak menerima Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Kelurga Harapan (PKH). 

Sebelum pembagian BLT, juga melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) untuk menentukan kriteria dan jumlah penerima BLT yang selanjutnya tetapkan dalam Surat Keputusan Keuchik (Perchik).

"Kami pastikan penerima manfaat BLT sudah tepat sasaran karena sebelum disalurkan telah pendataan ke tiap-tiap rumah oleh aparatur gampong, keplor dan tuha peut," kata Samsul.

Nominal BLT dana desa yang telah disalurkan kepada penerima manfaat sebesar Rp 600 ribu sesuai dengan Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) nomor 6 tahun 2020.

Komentar

Loading...