Unduh Aplikasi

Gara-gara Bakar Sampah, Satu Unit Rumah di Aceh Selatan Nyaris Ludes Terbakar

Gara-gara Bakar Sampah, Satu Unit Rumah di Aceh Selatan Nyaris Ludes Terbakar
Petugas saat berusaha memadamkan api didapur rumah milik Mustafa/BPBD Aceh Selatan.

ACEH BARAT - Satu unit rumah milik  Mustafa, Warga Gampong Pante Geulima, Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan nyaris ludes terbakar. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Sazalisma mengatakan, api berasal dari pembakaran sampah, karena tanpa pengawasan api menjalar ke dapur rumah hingga menimbulkan kebakaran.

Beruntung informasi tersebut cepat diketahui oleh tim pemadam kebakaran, sehingga cepat dipadamkan dan hanya menghanguskan bagian dapur rumah. 

Cut Sazalisma menjelaskan, saat peristiwa kebakaran terjadi pihaknya memperoleh informasi dari camat setempat. Mendapat informasi itu, kata dia, pihaknya langsung mengerahkan mobil pemadam dari pos Damkar-PB 03 WMK kelokasi.

"Sekitar dua puluh menit kemudian api berhasil dipadamkan secara menyeluruh, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun kerugian ditaksir puluhan juta rupiah," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Cut Sazalisma mengimbau masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan atau tanpa pengawasan.

Apalagi, kata dia, saat ini merupakan musim kemarau sehingga api sangat mudah membesar sehingga memicu terjadinya kebakaran.

"Saya mengimbau masyarakat, dikarnakan saat ini masih dalam kondisi kemarau yang sangat rentan memicu terjadinya kebakaran baik di pemukiman maupun di hutan dan lahan,
agar masyarakat berhati - hati dalam beraktivitas sehari - hari. pastikan kondisi api betul - betul padam saat ditinggalkan,"

"Jangan sampai kejadian seperti ini terulang kembali, karena kecerobohan kita bukan hanya menimbulkan kerugian secara pribadi tapi juga berpotensi merugikan masyarakat banyak," imbuhnya.

Komentar

Loading...