Unduh Aplikasi

Gandrung Kekerasan

Gandrung Kekerasan
ilustrasi.

KADER Partai Aceh kembali berulah. Kali ini, sasarannya adalah warga di Kuala Batee, Aceh Barat Daya. Mereka mendatangi sejumlah warga dan memukuli warga di Gampong Geulangang Gajah. Termasuk ketua pemuda di desa itu.

Aksi ini menimbulkan amarah warga. Beruntung, pihak kepolisian segera bertindak dengan mengamankan para pelaku dan menahan warga yang kadung emosi melihat cara-cara tak simpatik dari oknum anggota partai itu.

Kita tentu tak mudah melupakan rentetan kejadian dalam dua bulan terakhir yang melibatkan lakon kekerasan yang dipertontonkan anggota partai yang dibentuk sebagai simbol kedaulatan politik lokal itu. Beberapa waktu lalu, anggota Partai Aceh di Pidie terlibat bentrok dengan anggota Partai Nasional Aceh di Pidie.

Kader partai ini juga berlaku tidak simpatik dengan berlagak jagoan saat mengusir calon Gubernur Aceh Zaini Abdullah di Aceh Utara. Mereka beralasan Zaini tidak berhak berkampanya di daerah “kekuasaan” mereka. Beruntung, hal ini tidak berbuntut panjang karena Zaini memang tak menganggap penting aksi intimidasi ini.

Aksi kekerasan lain juga terjadi di rumah juru bicara PA/KPA wilayah Pase Muhammad Jhoni di Gampong Matang Drien, Kecamatan Tanoh Jambo Aye, Aceh Utara. Ini adalah buntut pemukulan terhadap salah satu anggota PNA. Massa yang marah merusak kantor Partai Aceh dan mencabut seluruh bendera Partai Aceh dan baliho yang terpancang di sepanjang kawasan Jambo Aye.

Para petinggi partai ini harus bisa mengendalikan para pendukung mereka. Tanpa instruksi untuk tidak melakukan kekerasan, oknum pengurus atau simpatisan Partai Aceh berpotensi melakukan hal sama, lagi dan lagi.

Kepolisian juga harus segera mengusut tuntas rentetan kekerasan ini dan menyeret para pelakunya ke meja hijau. Polisi tak boleh bersikap lemah terhadap pelanggaran aturan yang menyebabkan keresahan di masyarakat.

Masyarakat hanya berharap, eskalasi politik yang semakin tinggi dalam beberapa pekan terakhir tidak membuat kegaduhan dan mengubah suasana damai menjadi mencekam. Ketegasan kepolisian dapat menekan intensitas perangai buruk yang kini semakin liar dan tak terkendali.

Komentar

Loading...