Unduh Aplikasi

Gampong Trieng Meuduro Tunong Bagikan Pupuk Gratis ke Warga

Gampong Trieng Meuduro Tunong Bagikan Pupuk Gratis ke Warga
Foto: Ist

ACEH SELATAN - Sebanyak 260 kepala keluarga petani warga Gampong Trieng Meuduro Tunong, Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan, menerima pupuk bantuan dari pemerintah setempat yang bersumber dari dana desa untuk dipergunakan pada musim tanam padi 2020 ini.

Keuchik Trieng Meuduro Tunong, Irwanda mengatakan, pupuk bantuan yang disalurkan ke seluruh warganya merupakan pupuk jenis Phoska, SP36, Urea dan ZA yang dibeli dengan menggunakan dana desa tahap I tahun 2020.

“Sebagian dana desa tahap I tahun 2020 ini kami peruntukkan untuk pengadaan pupuk, karena seluruh petani di Gampong kami saat ini cukup membutuhkan pupuk untuk kebutuhan tanaman padi yang akan ditanam pada musim tanm 2020 ini ,” kata Irwanda, Jumat (10/4).

Ia menjelaskan pupuk Phoska, SP36, Urea dan ZA dari sumber dana desa disalurkan kepada seluruh masyarakatnya menggunakan sistem kepala rumah tangga, dimana setiap rumah diberikan pupuk sesuai dengan kebutuhan masing-masing sebanyak 1 sak (50kg).

“Semua rumah yang ada di Gampong Trieng Meuduro Tunong ini mendapat jatah pupuk bantuan. Pupuk ini kami beli dan salurkan ke seluruh petani berdasarkan hasil musyawarah gampong. Masyarakat sepakat beli pupuk untuk kebutuhan tanaman padi yang akan ditanam pada musim ini,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, program tanam padi serentak pada musim tanam 2020 di gampongnya sudah dimulai oleh seluruh petani dan bahkan hampir seluruh lahan sawah sudah digarap dengan menggunakan hand traktor.

“Insyaallah beberapa hari lagi ke depan semua lahan sawah di Gampong Trieng Meuduro Tunong sudah habis digarap. Minggu depan sudah mulai tanam, dan pupuk bantuan ini nantinya dipergunakan petani untuk lahan sawah setelah tanam,” ujarnya.

Untuk itu, ia juga berharap semoga dengan program bantuan pupuk dari pemerintah gampong dapat membantu beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pupuk.

"Semoga dengan bantuan pupuk ini juga dapat meningkatkan produksi tanaman padi masyarakat," ujarnya

Komentar

Loading...